uad_dirikia_rumah_sakit.jpg

Dirikan Rumah Sakit, UAD Kembangkan Amal Usaha

Setelah 2016 lalu meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Sedayu, Bantul, tahun ini Univesitas Ahmad Dahlan (UAD) meresmikan soft launching Rumah Sakit (RS UAD) di Jalan Cendelaras Raya, Karangsari, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, pada Minggu, (12/2/2017).

Dalam sambutannya, Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum. mengatakan, RS UAD merupakan bagian dari amal usaha yang perlu dikembangkan. Bagi Kasiyarno yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Wilayah V Yogyakarta, amal usaha merupakan upaya agar Persyarikatan Muhammadiyah semakin mandiri, kuat, dan tidak tergantung pihak lain.

Selain bagian dari amal usaha Muhammadiyah, kata Rektor lagi, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga dituntut untuk mengembangkan unit usaha agar meringankan pembiayaan mahasiswa.

“Diresmikannya rumah sakit ini adalah upaya UAD untuk mengembangkan berbagai bentuk unit usaha,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Rumah sakit tiga lantai yang luas bangunannya 3000 meter persegi tersebut sudah memiliki tenaga 90 orang.

“Kami telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Kabupaten Sleman. Ke depannya, kami akan meningkatkan status RS UAD menjadi rumah sakit tipe C dan smart health,” terang Drs. M. Safar Nasir, M.Si. selaku Tim Akuisisi dan Manajemen RS Holistika Medika.

Safar Nasir yang juga Wakil Rektor II mengatakan, “Kami sudah mempunyai lahan 2000 meter persegi untuk pengembangan ke depan. Rumah sakit ini juga akan didukung oleh fakultas yang ada di UAD, seperti Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Psikologi, Fakultas Tarbiyah dan Dirasat Islamiyah dari segi agama, serta beberapa jurusan lainnya, termasuk unit usaha Laboratorium Kalibrasi dan Uji milik UAD.” (doc)