img_0035.jpg

Kucuran Beasiswa UAD Hampir Mencapai 1 Miliar

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memberikan beasiswa bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2016. Total dana beasiswa yang dikucurkan UAD  hampir mencapai 1 miliar.

Menurut penjelasan Drs. Hendro Setyono, S.E.,M.Sc., selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, beasiswa ini diberikan setiap tahun bagi mahasiswa baru dengan Indeks Prestasi Kumulatif  (IPK) minimal 3,3. IPK ini diambil dari rekap kartu hasil studi (KHS) mahasiswa saat semester 1.

“UAD memberikan beasiswa untuk mahasiswa baru setiap tahunnya. Beasiswa ini berasal dari dana kemahasiswaan. Tahun ini total ada 740 mahaiswa yang mendapat beasiswa tersebut dengan besaran 1 juta rupiah per mahasiswa. Itu artinya, dana yang dikeluarkan sekitar 740 juta, hampir 1 miliar,” terangnya.

Hendro menambahkan, proses seleksi dilakukan dengan merekap KHS mahasiswa semester 1. Setiap program studi hanya diambil 15% mahasiswa dengan hasil studi tertinggi.

Tahun sebelumnya, beasiswa yang diberikan UAD hanya 840 ribu rupiah. Untuk tahun ini dinaikkan menjadi 1 juta rupiah dan menambah jumlah penerimanya.

Salah satu penerima beasiswa dari Program Studi Akuntansi UAD, Andini Fujiastuty, merasa terbantu dengan beasiswa ini.

Alhamdulillah, 1 juta rupiah adalah nominal yang cukup besar bagi saya. Uang ini akan saya gunakan untuk keperluan kuliah,” ungkapnya ketika sedang mengantre untuk mengambil uang beasiswa di kampus 1 UAD, Jl. Kapas 9, Semaki. (ard)