mengenal_doktor_sapto_yuliani.jpg

Mengenal Doktor Sapto Yuliani

            Dr. Drh. Sapto Yuliani, MP, dosen Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta meraih gelar doktornya di Universitas Gajah Mada. Karya disertasinya mengambil judul “Efek Ekstrak Rimpang Kunyit (Curcuma Longa L) Terstandar Kurkumin pada Tikus Model Demensia yang Diinduksi Trimetiltin”.

            Wanita kelahiran Kebumen ini memiliki cita-cita menjadi dosen sejak SMA. Dalam rangka mewujudkan cita-citanya, dirinya menempuh

pendidikan S1 di Fakultas Kedokteran Hewan UGM lulus tahun 1994, S2 di Sain Veteriner FKH UGM lulus tahun 1998. Setahun setelah menyelesaikan S2, impian Sapto Yuliani terwujud menjadi dosen Fakultas Farmasi   UAD.

Meskipun berasal dari kedokteran hewan, ternyata di dunia farmasi memiliki peran penting. Dengan demikian pengalaman Bu Sapto dibutuhkan. Beliau telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan Fakutas Farmasi UAD. Selain menjadi dosen, saat ini Bu Sapto menjadi Kepala laboratorium Farmakologi dan Fitokimia.

            Wanita yang baru menyandang gelar doktor pada bulan Januari 2016 lalu mengaku dorongan terbesar dalam melanjutkan studi S3-nya adalah menambah kualitas tenaga pendidik Fakultas Farmasi menjadi lebih baik.  Dengan harapan Fakultas Farmasi tetap menjadi  pilihan terbaik yang dapat mencetak lulusan farmasi handal sesuai kompetensi dan berakhlak mulia. (AU)