Pelatihan Gambar Teknik dengan Software SolidWorks

Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan (TI-UAD) sangat sering menggunakan berbagai macam aplikasi untuk kebutuhan praktikum, salah satunya praktikum gambar teknik (gamtek) yang kini disuguhkan untuk semester dua. Pada praktikum gamtek ini, aplikasi yang digunakan adalah SolidWorks. Biasanya, SolidWorks melakukan peng-upgradean untuk empat sampai lima tahun. Untuk tahun ini, TI akan meng-upgrade SolidWorks dengan versi yang berbeda dan akan diadakan pelatihan khsusus untuk mahasiswa.

SolidWorks adalah salah satu software yang digunakan untuk merancang part permesinan atau susunan part permesinan, yang berupa assembling dengan tampilan 3D untuk mempresentasikan part sebelum real partnya dibuat atau tampilan 2D (drawing) untuk gambar proses permesinan.

“Tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dosen maupun mahasiswa dalam menggunakan software ini,” terang Reni Dwi Astuti, selaku penanggungjawab laboratorium TI.

Pelatihan SolidWorks dipandu oleh Aji Rahman dan Rudy Subianto yang merupakan vendor SolidWorks dari Prosinergi. Mereka didatangkan langsung dari Jakarta.

“Sayang pelatihan ini tidak diikuti semua orang. Kuota hanya untuk 10 orang, yaitu 7 dari dosen dan 3 dari asisten praktikum gamtek,” tambah Reni pada Rabu, (11/01/2017).

Pelatihan SolidWorks dilaksanakan di laboratorium TI selama 4 hari, dimulai dari Senin-Kamis dari pukul 09.00–17.00 WIB. Namun untuk hari Kamis, pelatihan hanya dilakukan dari pukul 08.00–10.00 WIB.

“Setelah pelatihan, maka akan ada ujian sertifikasi untuk mendapatkan Certified SolidWorks Associate (CSWA), tetapi hanya untuk 2 dosen saja, terutama selaku pengampu praktikum gamtek Isana Arum dan Okka Adiyanto,” ungkap Reni.

Selain mendapatkan pelatihan secara gratis, fasilitas lainnya yang didapat dari pembelian software ini adalah upgrade SolidWorks untuk tiga tahun ke depan dan gratis paket voucher 200 ujian CSWA selama tahun 2017.

Pengampu praktikum gamtek, Okka Adiyanto, mengatakan, “Pelatihan ini sangat berguna, terutama sebagai dosen pengampu di mata kuliah ini dan bisa menambah skill tersendiri.”

M. Faishal selaku dosen yang menjadi salah satu peserta pelatihan pun bercerita di sela-sela waktu pelatihan, “Dulu saya suka menggambar dan biasanya menggunakan aplikasi Autocad, tetapi sekarang saya bisa belajar menggambar dengan menggunakan aplikasi SolidWorks sehingga sangat bermanfaat pelatihannya.”