Persada UAD Adakan Gebyar Anak Sholih

Kembali, untuk kedua kalinya, kompetisi bagi anak-anak diadakan oleh Persada (Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Minggu (19/6/2016).

Dalam kompetisi yang diadakan sejak pukul 08.30-11.00 WIB tersebut, memuat beberapa cabang lomba. Di antaranya mewarnai, dai cilik, adzan, Cerdas Cermat Agama (CCA), gerakan dan bacaan shalat, hafalan doa sehari-hari, hafalan surat pendek, juga fashion show.

Kompetisi pada tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, hanya terjadi pergantian nama. Yang sebelumnya dinamakan Festival Anak Sholih (FAS), pada tahun ini berganti menjadi Gebyar Anak Sholih (GAS).

Perlombaan diselenggarakan di kawasan kampus IV UAD, Jalan Ringroad Selatan, Banguntapan, Bantul. Sedangkan untuk peserta lomba merupakan para pelajar TPA (Taman Pendidikan al-Qur’an) yang berlokasi di sekitar Persada, sekaligus tempat santri Persada mengabdi.

Setiap tahun, mahasiswa UAD sekaligus santri Persada diharuskan melakukan pengabdian masyarakat selama bulan Ramadhan, yang sebelumnya juga telah diberikan beberapa pelatihan untuk bekal mengabdi. Pengabdian masyarakat tersebut merupakan program kerja tahunan universitas.

Ferawati, S.S., S.Psi., M. Hum., selaku kepala pengabdian masyarakat Persada UAD mengatakan dalam sambutannya, “Kompetisi Gebyar Anak Sholih ini merupakan serangkaian kegiatan dari pengabdian masyarakat Persada UAD. Santri diajarkan untuk mengabdi kepada masyarakat sebagai pengajar TPA agar kelak memiliki bekal dan pengalaman untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), serta ketika terjun langsung di masyarakat.” (AKN)