img-20170112-wa00012.jpg

TIM Robot UAD Meraih Juara 3 di Beijing

Pada tahun 2015 lalu, tim robot Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meraih juara 3 dalam ajang Kontes Robot Internasional di Korea. Ternyata, prestasi tersebut tidak hanya berhenti di situ. Terbukti, mereka meraih juara 3 di Beijing Cina dalam ajang Federasi Asosiasi Robot Sepakbola Internasional (FIRA) Robot World Cup 2016 yang diselenggarakan pada 14-18/12/2016.

Ajang internasional tersebut diikuti oleh sekitar 20 tim dari 9 negara. Antara lain, Cina, Singapura, Malaysia, Indonesia, India, Kanada, Meksiko, dan lain sebagainya. Dari Indonesia diwakili tiga tim yakni, ITS, ITB, dan UAD.

“Syukur alhamdulillah dengan bermodalkan pengalaman FIRA Korea Selatan 2015, tim robot Fakultas Teknologi Industri (FTI) UAD kembali membawa pulang gelar juara 3 kategori Wall Climbing,” terang Nuryono Satya Widodo, S.T., M.Eng. selaku pembimbing tim robot UAD, saat ditemui Rabu, (11/1/2017).

Dosen Teknik Elektro itu menambahkan, kategori ini menuntut robot secara mandiri berjalan menuju suatu tangga dan kemudian menaiki tanpa bantuan atau kendali manusia.

Kemenangan membanggakan itu tidak akan terwujud tanpa adanya Tim Lanange Jagad dari Teknik Elektro. Mereka terdiri atas 5 mahasiswa, yakni Umar Abdul Maajid, Alfath Jumarianto, Nanda Cahya Pangersa, Anggit Pamungkas, dan Ahmad Sopi Samosir.  Mereka didampingi oleh 2 dosen, yaitu Dr. Abdul Fadlil, M.T. dan Nuryono Satya Widodo.

“Pada kesempatan tersebut, tim robot UAD mengikuti kompetisi dengan kategori United Soccer, Weight Lifting, Wall Climbing, Sprint, Marathon, Lift and Carry, Long Jump,” terang Abdul Fadlil.

FIRA Robot Soccer merupakan sebuah gagasan dari Prof. Jong-Hwan Kim, KAIST, dimulai pada tahun 1995, dan kejuaraan internasional pertama diadakan di KAIST, Daejeon, Korea, pada tahun 1996. Setahun kemudian, yakni 1997, FIRA diresmikan.

FIRA memiliki tujuan dasar mengambil semangat ilmu pengetahuan dan teknologi robotika untuk orang awam dan generasi muda, melalui permainan robot soccer (sepak bola robot) yang digambarkan sebagai sebuah kompetisi teknologi robot canggih dalam ruang tertutup. Harapannya, FIRA Robot World Cup (Piala FIRA) beserta kegiatan FIRA lainnya akan membantu menghasilkan ketertarikan dalam robotika pada generasi muda.