img-20180730-wa0008.jpg

UAD Kirim dan Terima Lima Mahasiswa Sea Teacher

Sebanyak lima mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ikuti Sea Teacher atau program PPL Internasional ke Filipina dan Thailand yang difasilitasi The South Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO).

Mahasiswa tersebut adalah Nor Hasanah (Pendidikan Matematika), Lathief Viana Saryhaque Hadyyuwono (Pendidikan Biologi), Putri Maghfirotul Hasanah (Pendidikan Fisika), Nila Wati (Pendidikan Bahasa Inggris) dan Suryani (PAUD). Kelimanya dilepas Wakil Rektor IV UAD, Prof. Sarbiran, Ph.D. Senin (30/7/2018) di Gedung ITC UAD, Jalan Kapas, Semaki, Yogyakarta.

Selain mengirim, awal Agustus 2018 UAD juga akan menerima lima mahasiswa dari Filipina dan Thailand untuk program yang sama. Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD, Ida Puspita, M.A.,Res. menjelaskan, program Sea Teacher atau Pre-Service Student Teacher Exchange in Southeast Asia merupakan proyek yang memberikan kesempatan bagi seluruh mahasiswa dari negara anggota SEAMEO untuk mengajar di luar negeri.

Peserta SEAMEO ada 11 negara, antara lain Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.

Tahun ini, UAD untuk kali pertama mengirim dan menerima mahasiswa untuk program tersebut,” terang Ida.

Mahasiswa UAD akan praktik mengajar sebulan penuh pada Agustus 2018 di Valaya Alongkorn Rajabhat University (VRU) Thailand, Benguet State University (BSU) Filipina, dan Thepsatri Rajabhat University (TRU) Thailand. Selain itu, UAD akan menerima mahasiswa dari Chiang Rai Rajabhat University Thailand, Lampang Rajabhat University Thailand, dan Saint Mary’s University Filipina untuk praktik mengajar juga.

Selama ini UAD Yogyakarta telah terkenal dengan KKN Internasionalnya. Pada kesempatan ini, UAD melebarkan kegiatan internasional ke ranah PPL Internasional dengan memanfaatkan konsorsium yang difasilitasi oleh SEAMEO. (ard)