uji_kompetensi_wartawan_untuk_mendidik_2.jpg

Uji Kompetensi Wartawan Untuk Mendidik

 

“UAD dan PWI merupakan elemen masyarakat yang harus saling bekerja sama untuk memberdayakan masyarakat. Keduanya sama-sama memiliki misi mendidik,” ungkap Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Dr. Kasiyarno, M.Hum., setelah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Persatuan Wartawan Indonesia cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (PWI-DIY) pada Selasa, (25/4/2017).

Sebagai tindak lanjut secara langsung, PWI bekerja sama dengan UAD dan PT Astra kemudian menyelenggarakan acara Safari Jurnalistik. Kegiatan ini dihadiri oleh wartawan muda Yogyakarta, Humas Fakultas dan perwakilan mahasiswa UAD yang bergerak di bidang pers sebagai peserta.

Acara ini merupakan persiapan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sekaligus memberikan edukasi terhadap masyarakat, yang dalam hal ini diwakili oleh mahasiswa dan dosen.

Marah Sakti Siregar selaku Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat menuturkan, Safari Jurnalistik tersebut ditujukan untuk menambah informasi dan bertukar pikiran untuk meningkatkan kompetensi, keterampilan, dan profesionalitas. Ia mengungkapkan bahwa ada indikasi masyarakat saat ini mulai kehilangan kepercayaan terhadap media, sehingga diadakanlah acara menarik ini.

Menyambung apa yang disampaikan Marah Sakti, Drs. Haryadi Suyuti yang merupakan Penasihat PWI-DIY sekaligus Wali Kota terpilih Yogyakarta 2017 dengan tegas menerangkan bahwa media merupakan mitra dari masyarakat untuk Indonesia berkemajuan. Oleh karena itu, media dan wartawan harus benar-benar kompeten dan profesional. (ard)