You are here

Lambang

     Lambang Universitas adalah  : lambang Muhammadiyah dan Lambang Perguruan Tinggi Muhammadiyah  (PTM) yang dirancangkan khas untuk Universitas Ahmad Dahlan. Warna lambang  Universitas Ahmad Dahlan adalah : Biru  tua – kuning emas- dan putih disingkat: biru emas – putih.
     Nama Ahmad Dahlan diambil dari nama pendiri perserikatan Muhammadiyah Yaitu Kyai Haji Ahmad Dahlan. Nama beliu dipakai sebagai nama Universitas ini dengan maksud mengabadikan  nama pendiri perserikatan dan sekaligus mendorong para sivitas akademikanya untuk menjadikan beliua suri tauladan dalam pengabdiannya pada pada Muhammadiyah dan lebih jauh pada upaya memperbesar Islam sebagai agama yang hak.
     Sebagai salah satu pendiri Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Universitas Ahmad Dahlan mencantumkan sinar sebanyak dua belas yang menunjukan sahabat Nabi Isa yaitu kaum Hawary  yang patuh dan taat pada Nabi Isa dan membantu sepenuhnya atas dasar Iman dan Taqwa kepada Allah.
     Pengambilan Ayat Alqur’an Surat Yusuf  : 76 yang  berbunyi wa fauqa kulli dzii ‘ilmin ‘ alim mempunyai maksud agar semua personil di lingkungan Ahmad Dahlan tidak menyombongkan diri jika mempunyai pengetahuan banyak karena yang dari setiap orang yang berpengetahuan yaitu yang Maha Mengetahui.
     Pencantuman nama Muhammadiayah ditengah lambang Universitas Ahmad Dahlan disebabkan Universitas Ahmad Dahlan sebagai Salah satu lembaga amal usaha Muhammadiyah.
     Penggunaan tahun 1960 sebagai tahun berdirinya Universitas Ahmad Dahlan karena beralih fungsinya Kursus B-I menjadi perguruan tinggi yang bernama FKIP Muhammadiyah.
     Muhammadiyah selalu menggunakan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai pengambilan sumber ilmu qauliyah.
     Makna logo/lambang Universitas Ahmad Dahlan sebagai berikut.
 
Lambang Universiatas Ahmad Dahlan

 

 

 

Undefined