You are here

Visi & Misi

Visi:
Visi UAD adalah menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah berkelas Internasional berbasis pada nilai ke Islaman

Misi:

Misi Universitas Ahmad Dahlan adalah :
  1. Menjalankan program – program akademik yang bermutu dan relevan dengan pembangunan berkelanjutan dalam suasana kampus Islami.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada integrasi seluruh bidang keilmuan untuk pencapaian masyarakat Islam.
  3. Memberikan layanan kepakaran yang berorientasi pada keberdayaan dan kalaborasi potensi pemerintah, industri, masyarakat baik lokal maupun global.

Tujuan:

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adalah Universitas yang tujuan pendidikannya merupakan penjabaran dari Tujuan Pendidikan Nasional dan Tujuan Pendidikan Tinggi serta didasarkanpada Al-Qur’an dan As-Sunnah.

 
a. Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
 
b. Tujuan Pendidikan Tinggi
  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademikdan / atau profesional yang dapat menerapkan dan / atau menciptakan ilmu pengetahuan , teknologi dan / atau kesenian.
  • Mengembangkan dan menyerbarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dan/atau kesenian secara mengupayakan penggunaannya untuk  meningkatkan taraf kehidupan masyarakat masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

c. Tujuan Pendidikan UAD

  • Mendidik perserta didik untuk menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia, yang mempunyai kemampuan akademik,  profesional dan beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar–benarnya;
  • Membuat peserta didik menjadi kader pemimpin yang berkepribadian Muhammadiyah;
  • Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan  kesejahteraan umat manusia.

Tujuan Universitas secara khusus ditetapkan dengan pengembangan kelompok ilmu sejenis tersebut dalam pengembangannya berdasarkan aqidah Islam dan berdasarkan Pancasila.

 

Pola ilmiah Pokok Universitas adalah integritas Iptek-Seni, antisipasi layanan yang akademik, kepemimpinan Islam dan pengembangan ilmu menjadi Islam   (Integrity of Science-Tehnology-Arts, dynamic service anticipation, leadership, and scientific development based on Islam).

 

Moto Universitas ini adalah Integritas Moral dan Intelektual (Moral and Intellectual Integrity).

Indonesian