- Gelar & Strata
- Dr. (Doktor)
- Akreditasi
- Akreditasi Nasional :
❯ SK LAMDIK No: 499/SK/LAMDIK/Ak-PSB/D/IV/2024 - Kampus
- Kampus 2
Jalan. Pramuka, Umbul Harjo Yogyakarta 55164 - SK & Sertifikat Akreditasi
Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa
Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan
Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960
Program Studi Pendidikan Program Doktor
Progam Studi Pendidikan Program Doktor (PDD) didirikan tanggal 7 Desember 2023 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 934/E/O/2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Program Doktor pada Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Lokasi Program Studi Pendidikan Program Doktor berada di UAD Kampus 2, Jl. Pramuka Jl. Sidikan No.42 Yogyakarta, DIY. Program Studi Pendidikan Program Doktor FKIP UAD fokus pada inovasi pendidikan dan pembelajaran transformatif. Profil lulusan adalah Pendidik Profesional dan Inovator Pendidikan.
Visi
Mengembangkan teori dan praktik pendidikan transformatif berlandaskan nilai-nilai Islam Berkemajuan
Misi
- Pengembangan Kurikulum Inovatif: Merancang dan mengimplementasikan kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam Berkemajuan ke dalam semua aspek pembelajaran. Kurikulum ini mendorong untuk menumbuhkan pemikiran kritis, kreativitas, dan kepemimpinan yang berakar pada prinsip-prinsip Islam.;
- Penguatan Profesionalisme Guru Berbasis Nilai: Menyediakan program-program pengembangan profesional kepada para pendidik untuk memperkuat pemahaman mereka tentang nilai-nilai Islam Berkemajuan dan cara mengintegrasikannya ke dalam pengajaran mereka.;
- Penelitian dan Pengembangan: Melakukan penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan dalam bidang pendidikan transformatif berlandaskan nilai-nilai Islam Berkemajuan. Ini mencakup studi tentang efektivitas metode pembelajaran, evaluasi kurikulum, dan pengembangan materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman dan prinsip-prinsip Islam.;
- Kemitraan Komunitas dan Pemberdayaan Masyarakat: Berkolaborasi dengan lembaga-lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, dan pemerintah maupun institusi global untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan pendidikan transformatif berlandaskan nilai-nilai Islam Berkemajuan. Hal ini juga melibatkan menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan pendidikan yang berkelanjutan dan berorientasi pada nilai-nilai Islam yang progresif.;
Tujuan
- Pengembangan Sistem Pendidikan Holistik: Membangun sistem pendidikan yang tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga mengakui pentingnya pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan spiritual sesuai dengan nilai-nilai Islam Berkemajuan.;
- Penyediaan Sumber Daya Pendidikan yang Berkualitas: Memastikan ketersediaan sumber daya pendidikan yang berkualitas, termasuk buku teks, materi pembelajaran, dan teknologi pendidikan yang mendukung integrasi nilai-nilai Islam Berkemajuan dalam kurikulum dan pengajaran.;
- Peningkatan Profesionalisme Guru: Memberikan dukungan dan pelatihan berkelanjutan kepada guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam Berkemajuan dalam pengajaran mereka secara holistik.;
- Peningkatan Profesionalisme Guru: Memberikan dukungan dan pelatihan berkelanjutan kepada guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam Berkemajuan dalam pengajaran mereka secara holistik.;
- Pemberdayaan Masyarakat: Melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan terkait pendidikan, serta menggerakkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mendukung pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai Islam Berkemajuan.;
Kompetensi
INFO LEBIH LANJUT
Info lebih lanjut tentang Program Studi Pendidikan Program Doktor Universitas Ahmad Dahlan melalui website dibawah ini.
LIHAT PROGRAM DOKTOR LAINNYA
Universitas Ahmad Dahlan memiliki sebelas fakultas. Setiap fakultas terdiri dari beberapa program studi yang spesifik mempelajari bidang ilmu masing-masing.