Kuliah Umum Prodi Sastra Indonesia UAD Datangkan Sastrawan Dari Jerman

Senin (3/10/2016), Prodi Sastra Indonesia kedatangan Sastrawan dari Jerman.  Prof. Berthold Damshäuser hadir ke Prodi Sastra UAD dalam rangka  memberkan kuliah umum. Adapun tema mengangkat “Sastra Indonesia di Mata Sastrawan Jerman.”

 “Kedatangan Prof. Berthold Damshäuser adalah sebuah momentum bagi kami sastra Indonesia, ” kata Wiska di Auditorium kampus II Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tempat berlangsungnya acara.

Acara tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan informasi bagi Prodi Sastra Indonesia UAD. “Saya pikir penting mengetahui bagaimana pandangan “orang luar” dengan perkembangan Sastra saat ini di Indonesia, ” jelasnya lagi.

Sebelum hadir ke UAD, seorang Indonesianis yang sejak tahun 1986 mengajar di Universitas Bonn  ini menerbitkan buku terbarunya yang berjudul “Ini dan Itu Indonesia Pandangan Seorang Jerman”.

Selanjutnya Prof. Berthold Damshäuser menjelaskan pandangannya tentang perkembangan Sastra di Indonesia saat ini maupun beberapa tahun belakangan.  Pengetahuan sastra di Indonesia diperkuat oleh bukti bersama Wolfgang Kubin menjadi editor di salah satu jurnal memiliki fokus kajian tentang kebudayaan Indonesia. khususnya kesusastraan Indonesia modern.

Prof. Trump, sapaan akrabnya, menyarankan pada peserta yang hadir agar dapat dengan bijak membaca setiap buku sastra yang  beredar di pasaran agar tidak terjebak dengan ideologi yang disajikan di setiap buku bacaan itu.  

          Selain Prof. Berthold Damshäuser pada kesempatan itu hadir pula cerpenis terkemuka di Indonesia bernama Joni Ariadinata.