Peringkat Webometrics Web UAD Periode Juli 2012 Naik Signifikan
Alhamdulillah ranking webometrics web UAD naik setinggi 448 di posisi 1652, peringkat sebelumnya 2100 (Januari 2012). Posisi Nasional web UAD menempati kursi nomor 22, setelah web Unikom. Tepat di bawah kita adalah posisi web Binus (urutan 23).
“Alhamdulillah, kemajuan yang amat signifikan. Harap terus dijaga sustainability-nya. Terima kasih atas dukungan kru IT Biskom, dan juga para civitas akademika UAD yang akhir-akhir ini semangat mengelola web unit kerjanya masing-masing. Kerja keras civitas semua berimbas pada nama baik UAD di mata dunia.” Ungkap Rektor UAD, Drs. Kasiyarno, M.Hum. sesaat setelah publikasi perankingan web Dunia versi Webometrics ini dipublish di www.webometrics.info.
Sementara pihak Dikti juga sudah melansir berita ini, dan berikut penjelasan dari Firman Hidayat dari web dikti.go.id.
“Peringkat Webometrics edisi Juli 2012 baru saja dirilis Senin 30 Juli 2012. Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu Perguruan Tinggi diseluruh dunia. Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan edisi Juli 2012 berjumlah 361 PT atau meningkat dibandingkan edisi Januari sebanyak 352 PT.
Mulai Webometrics Juli 2012, parameter penilaian berubah. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%). Untuk parameter Excellencemerupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2011) dan di Google Scholar (tahun 2007-2011). Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).“
Berkah Ramadhan 1433 H, yang begitu banyak diberikan kepada kita, salah satunya adalah perolehan prestasi mahasiswa yang sedemikian banyak, dan ranking webometrics web UAD yang naik dengan posisi yang cukup tinggi. Semoga menjadi berkah dan dapat terus ditingkatkan prestasi ini. (@)
Alhamdulillah ranking webometrics web UAD naik setinggi 448 di posisi 1652, peringkat sebelumnya 2100 (Januari 2012). Posisi Nasional web UAD menempati kursi nomor 22, setelah web Unikom. Tepat di bawah kita adalah posisi web Binus (urutan 23).
“Alhamdulillah, kemajuan yang amat signifikan. Harap terus dijaga sustainability-nya. Terima kasih atas dukungan kru IT Biskom, dan juga para civitas akademika UAD yang akhir-akhir ini semangat mengelola web unit kerjanya masing-masing. Kerja keras civitas semua berimbas pada nama baik UAD di mata dunia.” Ungkap Rektor UAD, Drs. Kasiyarno, M.Hum. sesaat setelah publikasi perankingan web Dunia versi Webometrics ini dipublish di www.webometrics.info.
Sementara pihak Dikti juga sudah melansir berita ini, dan berikut penjelasan dari Firman Hidayat dari web dikti.go.id.
“Peringkat Webometrics edisi Juli 2012 baru saja dirilis Senin 30 Juli 2012. Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Webometric melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 20 ribu Perguruan Tinggi diseluruh dunia. Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan edisi Juli 2012 berjumlah 361 PT atau meningkat dibandingkan edisi Januari sebanyak 352 PT.
Mulai Webometrics Juli 2012, parameter penilaian berubah. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%). Untuk parameter Excellencemerupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2011) dan di Google Scholar (tahun 2007-2011). Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).“
Berkah Ramadhan 1433 H, yang begitu banyak diberikan kepada kita, salah satunya adalah perolehan prestasi mahasiswa yang sedemikian banyak, dan ranking webometrics web UAD yang naik dengan posisi yang cukup tinggi. Semoga menjadi berkah dan dapat terus ditingkatkan prestasi ini. (@)