FKIP Terjunkan Ribuan Mahasiswa Magang
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan (FKIP UAD) melaksanakan pembekalan program Magang Dasar dan Magang Lanjut serempak pada Minggu (30/7/2017). Bertempat di kampus 2 UAD, Jalan Pramuka, pembekalan yang dilakukan terpisah masing-masing Program Studi (Prodi) tersebut diikuti 2.888 mahasiswa. Mahasiswa Peserta Magang (MPM) tersebut akan ditempatkan di 301 sekolah. Prodi peserta magang terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu Bimbingan Konseling (BK) (183 sekolah), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (96 sekolah), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) (11 sekolah), dan tim Teaching (188 sekolah) yang terdiri atas Prodi Pendidikan Matematika (PMat); Pendidikan Fisika (PFis); Pendidikan Biologi (PBio); Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI); Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI).
Program magang yang dilaksanakan FKIP UAD ini terbagi dalam tiga tahap, yaitu Magang I atau Magang Dasar, Magang II atau Magang Lanjut, dan Magang III atau Magang Terapan. Masing-masing tahap magang memiliki tugas yang berbeda dan tentu bertahap. Pada Magang Dasar misalnya, tugas MPM meliputi observasi dan refleksi pengamatan pada budaya sekolah, proses pembelajaran dan pengamatan untuk memahami peserta didik. Sedangkan dalam tahap selanjutnya, yaitu Magang Lanjut, MPM bertugas untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan penyusunan rencana, strategi, media, bahan dan alat evaluasi pembelajaran. Pada tahap akhir dalam program Magang Terapan, setelah melalui dua tahap pematangan diri, MPM bertugas untuk mengajar langsung dalam waktu yang terbatas sebagai asisten guru di sekolah laboratorium.
Pembekalan dilakukan untuk memberikan bekal pengetahuan yang cukup kepada MPM sebelum diterjunkan ke sekolah laboratorium. MPM dibekali pengetahuan tentang tujuan, manfaat, tugas MPM, tugas DPM, dan tugas GPM. Selain itu, MPM juga dituntut menyusun sebuah laporan akhir. Penilaian program magang tidak hanya dilakukan atas laporan dan tugas-tugas portofolio yang diberikan, melainkan juga atas kedisiplinan peserta. Penilaian kedisiplinan tersebut dilakukan pada saat acara pembekalan berlangsung yakni saat peserta yang datang terlambat dicatat waktu keterlambatannya dan mengumpulkan resume yang berisi penjelasan selama pembekalan. (dev)