You are here

13 Mahasiswa UAD Ikuti AIMS, Beasiswa Kemenristek Dikti

Indonesian

 

Wakil Rektor IV Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Prof. Sarbiran, Ph.D. resmi melepas keberangkatan 13 mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab serta Sastra Inggris untuk belajar di universitas mitra UAD di Thailand dan Malaysia, Senin (30/7/2018). Mereka mengikuti program AIMS (Asean International Mobility of Student) dengan beasiswa dari Kemenristek Dikti.

Para mahasiswa akan belajar selama enam bulan terhitung sejak September 2018 hingga Januari 2019. Mereka adalah Iqbal Mubarok, M. Deden Irwandi, Aditya Prayoga, Aji Saeful Ramdan, Restu Agung Fadilah, Siti Muflikhah Uswanas, Hafizatur Rahmi, dan Novia Nurhayati dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab yang akan belajar di Universiti of Malaya (UM).

Sementara lima mahasiswa dari Sastra Inggris akan belajar di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia dan Thammasat University Thailand, yaitu Elisa Istianah dan Helmatun Faiza Ulfah di UiTM, serta Galih Prabowo, Nida Zakiatul Khusna, dan Yumna Afaf Hanifah di Thammasat University Thailand.

Dalam sambutannya, Sarbiran selalu mengingatkan mahasiswa untuk menjaga nama baik almamater UAD dan Indonesia. Selain itu, ia mengimbau agar mahasiswa bisa menjaga diri dan belajar dengan sungguh-sungguh.

UAD telah mengirim mahasiswa untuk belajar ke luar negeri lewat program hibah AIMS sejak tahun 2010. Hal ini karena kepercayaan pemerintah terhadap kualitas mahasiswa UAD. Tahun 2018, kuota UAD bertambah menjadi 7, padahal sebelumnya hanya 4 mahasiswa.

Ida Puspita, M.A.,Res. Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD menjelaskan, pemerintah melihat keseriusan UAD dalam program ini. “UAD mendukung program ini dengan menggunakan biaya mandiri, baik dari universitas maupun mahasiswanya sendiri.”

UAD menjadi salah satu dari 12 perguruan tinggi se-Indonesia yang mendapatkan beasiswa bergengsi ini. Dari 12 perguruan tinggi tersebut, hanya 3 perguruan tinggi swasta, salah satunya UAD. (ard)