You are here

263 Mahasiswa Siap KKN di Karanganyar

Indonesian

 

Mahasiswa adalah agen of change. Pernyataan inilah yang sering digaungkan oleh masyarakat sebagai sebuah harapan besar kepada mahasiswa. Ini juga yang sempat dilontarkan oleh Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, M.M., saat memberikan sambutan dalam acara penerjunan mahasiswa KKN UAD periode 53 tahun akademik 2014/2015 pada Senin (19/1/2015) di pendopo rumah dinas bupati Karanganyar, Surakarta.

Selain itu, Juliyatmono menyampaikan bahwa mahasiswa UAD mengemban tiga amanah besar, yaitu sebagai kader persyarikatan Muhammadiyah, kader umat yang majemuk, dan kader bangsa. Mereka dituntut tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas secara intelektual, tetapi juga sosial. Oleh karena itu, harus bisa membantu mengentaskan masyarakat dari kebodohan dan kemiskinan. Mereka juga harus menjadi orang yang mandiri, kuat, serta berpandangan positif sehingga dapat memberikan manfaat.

“Kami sangat bangga dan senang dengan kehadiran mahasiswa KKN dari UAD. Kami berpesan kepada para mahasiswa bahwa kalian harus belajar dari lingkungan sekeliling dan bermimpilah dengan sungguh-sungguh serta terus bersemangat untuk mewujudkan mimpi tersebut. Selamat, selamat, dan kami sambut dengan baik kedatangan para mahasiswa KKN UAD ini,” ujar Juliyatmono di akhir sambutannya dengan penuh semangat dan harapan.

Selama satu bulan, mahasiswa KKN akan melaksanakan program-program di Karanganyar. Berbagai kegiatan telah disiapkan. Pembangunan nonfisik menjadi sasaran utama karena dari sinilah perubahan akan diwujudkan.

“Kami akan berusaha membantu dan membangun masyarakat di Karanganyar. Terutama dari segi nonfisik. Berbagai kegiatan yang membangun pola pikir dan moral akan digalakan, baik itu melalui penyuluhan, kajian-kajian, pelatihan-pelatihan, maupun perlombaan. Semoga segala yang telah kami persiapkan dapat terlaksana, dan kehadiran kami di sini memberikan dampak lebih baik bagi Karanganyar,” ujar Faijah, salah satu mahasiswa dari 263 mahasiswa yang turut diterjunkan dan diserahkan oleh Wakil Rektor III UAD, Dr. Abdul Fadlil, M.T.

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala LPM UAD, Kepala Bagian KKN UAD, Wakil Bupati Karanganyar, Kepala Bapeda Karanganyar, Kepala Kesatuan Kebangsaan Politik (Kesbangpol) Karanganyar, Wakil Dindikpora Karanganyar, Ketua PP Muhammadiyah Karanganyar, dan beberapa pemimpin PWM, pemimpin PCM, camat, dan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) UAD.

“Kami sangat berterima kasih karena telah diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat di Karanganyar untuk melaksanakan KKN di sini dan sekaligus mengemban misi kami, yaitu turut berperan dalam membangun masyarakat secara luas. Dari 263 mahasiswa ini, semoga bisa mengaplikasikan keilmuan mereka baik dari segi teknik, kesehatan, sosial, dan lain-lain. Mereka akan diterjunkan ke masyarakat dan ke sekolah-sekolah,” kata Fadlil.

Di akhir sambutan, ia juga berharap agar mahasiswa dapat memaksimalkan kesempatan yang baik ini di masyarakat.