27 Mahasiswa KKN UAD Dampingi Warga untuk Desa Siaga Sehat

Sebanyak 27 mahasiswa KKN PPM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mendampingi masyarakat desa Ngalang, Gedangsari, Gunungkidul. Hal itu dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran warga terhadap kesehatan. Tema dalam pendampingan tersebut adalah “Mewujudkan desa siaga sehat untuk Ngalang berkemajuan”.

Pada Sabtu (27/8/2016) Wakil Rektor III UAD, Dr. Abdul Fadlil, M.T. meninjau lokasi pendampingan sekaligus meresmikan pembuatan tiga kamar mandi dan WC di desa Ngalang. Dalam kesempatan tersebut, ia berharap sesuatu yang telah dilakukan oleh mahasiswa dan dosen UAD dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga Ngalang.

Selain pembuatan kamar mandi, melalui program hibah yang diusung oleh Rahma Mulasari dkk, warga juga diberikan pelatihan kewirausahaan untuk mengolah limbah rumah tangga agar bermanfaat. Produk hasil pendampingan di antaranya pita, bros, kemoceng, hiasan bunga, dan gantungan kunci. Tidak ketinggalan, warga juga diajari cara memasarkannya.

Camat Gedangsari yang turut hadir dalam acara peresmian mengatakan, “Kami  mengucapkan terima kasih atas pendampingan selama ini dan berharap ke depan masih digunakan sebagai lokasi KKN UAD. Mengingat, banyak perangkat desa yang belum melek teknologi padahal sekarang ini serba online. Semoga UAD bisa mengajari penggunaan internet.”