You are here

93 Tim Ikuti Kontes Robot Nasional UAD

Indonesian

 

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) dan Robotic Development Community (RDC) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyelenggarakan Ahmad Dahlan Robotic Competition (ADRC) 2018. Kontes Robot Nasional tingkat SD-SMA/K ini sudah memasuki tahun ketujuh, sejak diselenggarakan pada 2011.

 

Kegiatan diikuti 93 tim robot meliputi 27 SD-SMP dan 66 SMA/K. Acara yang digelar pada Kamis, 27 Desember 2018 ini diikuti tim dari berbagai daerah seperti Semarang, Surakarta, Gresik, Bandung, Magetan, Jakarta, Banyumas, Purworejo, dan Yogyakarta.

 

Membuka ADRC 2018 di Graha Wanabaktiyasha, Wakil Rektor III UAD, Dr. Abdul Fadlil, M.T. mengatakan saat ini kita masuk ke era baru di revolusi industri 4.0 yang menitikberatkan pada sistem informasi. Ia berharap melalui ADRC para pelajar akan mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi sejak dini. “Semoga minat pelajar dalam bidang robotika semakin berkembang selaras dengan tema ADRC 2018 ini, yakni berinovasi dan menginspirasi dalam Robotika,”ucapnya.

 

Dua kategori diperlombakan dalam ADRC 2018, Kontes Robot Sumo dan Line Follower, yang memperebutkan Piala Gubernur, Walikota, dan Rektor UAD. Pada kategori Sumo, juara adalah robot yang kuat yang mampu menjatuhkan pesaingnya layaknya olahraga sumo, sedangkan kategori Line Followers adalah mengadu kecepatan menuju garis finis. Kategori Sumo pemenangnya di antaranya SD Unggulan Aisyiyah (juara 1 dan 4), SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta (juara 2 dan 3), SD Muhammadiyah Bantul Kota (Desain Terbaik dan Inovasi Terbaik), MTsN 6 Sleman (Pertahanan Terbaik). Sedangkan untuk kategori Line Follower pemenangnya adalah SMAN 5 Semarang (juara 1), SMK N 3 Yogya (juara 2), SMA N 1 Yogya (juara 3), SMK N 2 Yogya (juara 4 dan Best Design), serta SMP N 1 Bantul (Best Strategy).

 

Penulis : Phisca Aditya Rosyady