adrc_uad.jpg

ADRC 2017 Gaet Pelajar se-Indonesia

Ahmad Dahlan Robotic Competition (ADRC) kembali diselenggarakan pada penghujung 2017. Perlombaan yang telah rutin berlangsung selama 6 tahun terakhir diikuti peserta pelajar dari berbagai penjuru Indonesia. Tajuk utama dari penyelengaraan ini “Mengembangkan Potensi Generasi Muda di Bidang Robotika”.

Berlangsung di Gedung Basiyo XT Square, Rabu (27/12/2017), perlombaan diikuti 122 tim yang terbagi dalam 2 kategori. Kategori robot line follower diikuti oleh 75 tim, sedangkan robot sumo 47 tim. Peserta merupakan pelajar SD, SMP, SMA, dan sederajat yang akan memperebutkan piala gubernur, wali kota, serta rektorat UAD.

Dr. Abdul Fadlil, M.T., Wakil Rektor III, dalam sambutan sekaligus pembukaan acara menyampaikan, ADRC dapat memberi manfaat positif bagi generasi milenial. Mewakili Universitas Ahmad Dahlan (UAD), ia sangat mengapresiasi penyelenggaraan kontes robot berkelanjutan ini.

“Ajang ini merupakan sebuah kebanggaan. Keberlanjutannya sangat penting. Terima kasih atas kerja keras serta inovasi dari panitia dan seluruh pihak yang telah mendukung, utamanya bagi semua peserta perlombaan.”

Setiap tahunnya, ada peningkatan dari keikutsertaan peserta perlombaan. ADRC menjadi ajang silaturahmi dan berbagi ilmu serta pengalaman terkait bidang robotik. Di masa yang akan datang, teknologi semakin maju dan canggih. Kemajuan hanya akan terwujud apabila generasi muda dikenalkan dengan teknologi sejak dini. Kecintaan terhadap teknologi harus ditingkatkan terus, dibarengi dengan kreasi dan inovasi baru.

“Perangkat-perangkat yang dibuat dengan inovasi dari teknologi tidak akan menyejahterakan manusia jika manusianya tidak menguasai teknologi tersebut. Indonesia harus mandiri di dalam teknologi. Harapannya, peserta dapat menjadi penerus dan panutan yang kelak menjadi calon pemimpin bangsa,” tukas Fadlil.

Sementara Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI), Endah Sulistiawati, S.T.,M.T., menuturkan bahwa untuk pertama kalinya ADRC 2017 bersinergi dengan “Technology Days” yang merupakan peringatan milad FTI. Pihaknya sangat mendukung kegiatan ini. Ia berharap peserta dapat menunjukkan semua potensinya dalam bertanding dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. (ard)