You are here

Alumni dan Mahasiswa UAD Ramaikan Festival Lasem 2017

Indonesian

Beberapa alumni dan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta turut meramaikan Festival Lasem 2017. Festival yang digelar di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini berlangsung 15-18 November. Rangkaian acara berupa kampung lampion, pasar kampung, pameran fotografi dan lukisan, napak tilas, pagelaran seni kontemporer, Lasem batik carnival, dan beberapa lainnya.

Galih Pandu Adi, selaku penggiat dan pemrakarsa kegiatan, merupakan mahasiswa UAD dari Program Studi Sastra Indonesia. Ia mengungkapkan, festival ini digelar untuk merayakan perbedaan semua lapisan masyarakat.

“Lasem merupakan salah satu miniatur Indonesia dalam hal perbedaan. Di sini ada agama dan ras yang berbeda-beda. Mereka semua hidup rukun dan saling menghargai satu sama lain.”

Selain Pandu, ada beberapa mahasiswa dan alumni yang mengisi pertunjukan seni kontemporer (musikalisasi puisi) dan pameran lukisan (lukis on the spot). Mereka tergabung dalam Kelompok Belajar Sastra Jejak Imaji.

Di musikalisasi puisi, ada Suliman, Iqbal Saputra, Aditya Dwi Yoga, Ardy Priyantoko, Enggar Jiwanto, Nurul Wahyu L, dan Fahmi Hidayat. Untuk pameran dan melukis, ada Widya Prana Rini, Redi Andrias T, dan Iqbal Saputra.

Ardy selaku ketua Jejak Imaji menjelaskan, banyak mahasiswa dan alumni UAD yang tergabung dalam kelompok belajar ini.

“Di sini kami banyak belajar tentang literasi. Kebanyakan yang bergabung dari Prodi PBSI, tetapi ada juga dari Biologi, Psikologi, Sasindo, Sasing, dan beberapa lainnya. Selain literasi, di bidang musik, kami sudah memiliki sembilan aransemen musikalisasi puisi.” (ard)