You are here

Bappeda Kota Yogyakarta Launching Simpelbang

Indonesian

 

 

Selasa, (11/7/ 2017), Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta me-launching Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengembangan (Simpelbang) di ruang Yudhistira Balai Kota, Jl. Kenari No. 56 Yogyakarta.

Simpelbang sebagai salah satu perangkat lunak sistem informasi tentu secara positif menambah jumlah Sistem Informasi (SIM) yang telah dimiliki dan dilaksanakan oleh Pemkot Yogyakarta.  Menurut Andri Pranolo, S.Kom., salah satu tim pengembang dari Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), Simpelbang tersebut adalah kelanjutan dari hasil penandatangan MoU antara Pemkot dengan FTI UAD. Hadir dalam kesempatan tersebut Dr. Muchlas, M.T. (Wakil Rektor 1 UAD), Endah Sulistiawati, S.T., M.T. (Wakil Dekan FTI UAD), serta dosen tim pengembang dari Program Studi Teknik Informatika Yana Hendriana, S.T., M.Eng., Drs. Tedy Setiadi, M.T., dan Herman Yuliansyah, S.T., M.Eng.

Kerja sama yang diwujudkan adalah berupa aplikasi berbasis website. Aplikasi Simpelbang ini merupakan media informasi publik, terutama yang berkaitan dengan penelitian dan perencanaan pembangunan kota Yogyakarta. Dalam Simpelbang, terdapat Web Profil Bappeda, E-Jarlit, dan E-Journal. Untuk hasil penelitian, saat ini masih banyak yang dipublikasikan secara manual dengan hard copy. Diharapkan dengan hadirnya aplikasi Simpelbang ini, semua akan dilakukan secara online dengan memanfaatkan jaringan internet yang berkualitas.

Jurnal Jarlit adalah Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kota Yogyakarta yang diterbitkan berupa laporan penelitian atau penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang masalah yang dipelajari. Penyusunan jurnal tugas kepada tim dilakukan sebagai wahana untuk mendokumentasikan laporan penelitian dalam bentuk jurnal yang dapat dibaca sebagai bahan referensi dalam mendukung keputusan, sedangkan E Journal merupakan publikasi dari hasil-hasil penelitian.

Launching tersebut dihadiri Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti. Dalam sambutannya, ia menyampaikan, “Hal ini sesuai dengan visi kota Yogyakarta, yaitu terwujudnya e-government sebagai sarana sistem informasi pengelolaan kota Yogyakarta yang andal dalam mendukung pelayanan publik yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan partisipatif sehingga menjadi Yogyakarta smart city. Simpelbang ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas SKPD atau Unit Kerja di Pemkot Yogyakarta, untuk mendukung peningkatan pelayanan kepada publik terutama dalam hal proses penyelenggaraan usulan penelitian secara online, maupun memudahkan akses untuk penyebarluasan informasi hasil-hasil kegiatan penelitian kepada masyarakat luas. /(ns)