hendro_bimawa_uad.jpg

Beasiswa UAD Hampir 1 Miliar

Setiap tahun, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memberikan beasiswa bagi mahasiswa baru. Tahun 2017, total dana beasiswa yang dikucurkan UAD  hampir mencapai 1 miliar yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru angkatan 2016.

Dari penjelasan Drs. Hendro Setyono, S.E.,M.Sc., selaku kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), beasiswa UAD diberikan setiap tahun bagi mahasiswa baru yang mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,3 selama satu semester.

 

“UAD memberikan beasiswa untuk mahasiswa baru setiap tahunnya. Beasiswa berasal dari dana kemahasiswaan. Tahun ini, total ada 740 mahasiswa yang terdaftar dengan besaran 1 juta rupiah per mahasiswa. Itu artinya, dana yang dikeluarkan sekitar 740 juta, hampir 1 miliar,” terangnya.

 

Hendro menambahkan, proses seleksi dilakukan dengan merekap Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa semester satu. Setiap program studi hanya diambil 15% mahasiswa dengan hasil studi tertinggi.

Perlu diketahui, pada tahun sebelumnya, beasiswa yang diberikan UAD hanya 840 ribu per mahasiswa. Kemudian untuk tahun 2017, dinaikkan menjadi 1 juta rupiah dan menambah jumlah penerimanya.

Salah satu penerima beasiswa dari Program Studi Akuntansi UAD, Andini Fujiastuty, merasa terbantu dengan beasiswa ini.

Alhamdulillah, 1 juta nominal yang cukup besar bagi saya. Uang ini akan saya gunakan untuk keperluan kuliah,” ungkapnya ketika sedang mengantre untuk mengambil beasiswa di kampus 1 UAD, Jl. Kapas 9, Semaki, Yogyakarta. (ard)