You are here

Beasiswa UAD untuk Hafiz Alquran

Indonesian

Sebagai perguruan tinggi Islam, pada peringatan Ramadan 1439 H, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan agenda rutin tahunan Ramadan di Kampus (RDK). Salah satu acara yang menyita banyak perhatian dari civitas academica maupun masyarakat adalah Haflah Nuzulul Quran yang berlangsung Sabtu (2/6/2018).

Pada kesempatan ini ada tujuh qari dan qariah bertaraf nasional serta internasional yang  hadir melantunkan ayat-ayat Alquran di Masjid Islamic Center UAD, Jln. Ringroad Selatan, Tamanan, Bantul, Yogyakarta. Pada hari yang sama, dari pagi sampai sore ada pembacaan Alquran khatam 30 juz oleh 20 mahasiswa hafiz maupun hafizah.

Dr. Kasiyarno, M.Hum. Rektor UAD dalam sambutannya menyampaikan, para hafiz akan mendapat perhatian khusus dari UAD. Di antaranya pemberian beasiswa penuh menyelesaikan studi sarjana.

“Akhir-akhir ini banyak muncul hafiz maupun hafizah. Di UAD, kami akan memberikan beasiswa bagi penghafal Alquran minimal 10 juz. Tahun lalu ada sekitar 15 orang yang kami beri, semoga tahun ini akan semakin bertambah. Pemberian beasiswa ini merupakan bentuk atensi UAD,” ujarnya.

Senada dengan Kasiyarno, Ketua Takmir Masjid IC UAD,  H. Nurkholis M.Ag. menyampaikan, 20 mahasiswa hafiz dan hafizah mendapat beasiswa pendidikan dari Margaria Grup.

“Beasiswa merupakan bentuk apresiasi. Kami berharap akan semakin banyak hafiz maupun hafizah di UAD.”

Sementara para qari yang melantunkan ayat-ayat Alquran di antaranya Ustaz Dr. H. M. Nur. M. Ag. (qari Nasional), Ustaz H. Hervan Said. S. Ag. (qari Internasional), Ustazah Dra. Hj. Rita Maesaroh (qariah Nasional), Ustaz Ahmad Nabil Mubarak (juara 1 MTQ Nasional Mahasiswa Tahun 2017), Ustazah Hj. Siti Muthmainah (qariah Nasional), Anas Bijaksana (qari cilik juara 1 MTQ DIY), dan Yusuf Ramadhan wakil kontingen Indonesia untuk MTQ tingkat ASEAN. (ard)