belajar_kepemimpinan_lewat_outbound.jpg

Belajar kepemimpinan Lewat Outbound

Selama 2 hari, Sabtu-Minggu (24-25/9/2016), keluarga besar Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan, Universitas Ahmad Dahlan (Persada UAD) yang terdiri dari santri, pendamping, serta pengurus melaksanakan agenda tahunan di Pusbang dan museum Merapi, Kaliurang, Yogyakarta.

Kegiatan tersebut, sedikit berbeda pada tahun ini. Jika di tahun lalu seluruh kegiatan hanya dilaksanakan sehari penuh, maka tahun ini dilaksanakan selama 2 hari. Terdapat kajian dan outbound serta acara lainnya pada malam hari.

Sebanyak 200 santri, yang merupakan mahasiswa UAD dari berbagai fakultas dengan antusias mengikuti seluruh rangkaian acara. Dari shalat berjamaah, mengikuti kajian, serta outbound, dengan rute pemberangkatan di Pusbang Kaliurang, sampai pada Museum Merapi sebagai tujuan akhir.

Dalam kegiatan outbound, terdapat beberapa pos pemberhentian. Di tempat tersebut, 200 santri yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok dihadapkan dengan beberapa tantangan yang harus dilalui. Di situlah, kekompakan, kebersamaan, kesabaran, serta kerja sama antar santri diuji. Bagi kelompok yang lebih dahulu menyelesaikan tantangan, maka akan langsung melanjutkan perjalanan.

Selain dengan tujuan tersebut, menurut Anhar Anshari M.Si. sebagai pengisi kajian, sekaligus direktur Persada selama 2 periode lalu, kegiatan tahunan ini diadakan untuk melatih kepemimpinan seorang santri. “Pemimpin merupakan orang yang mampu menentukan menjadi lebih baik atau buruk-kah hidup seseorang.” Katanya.

“Acara outbound seru, asyik, bermanfaat, menambah wawasan, serta dapat mengeratkan rasa kekeluargaan. Saya berharap agar ke depannya seluruh kegiatan Persada UAD dapat lebih baik lagi.” tutur Awhinarto, mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) UAD semester 3. (AKN)