You are here

BMD FEST 2018 PASTA COOKING COMPETITION

Indonesian

Pada Minggu (9-12-2018), Budi Mulia Dua mengadakan kegiatan “BMD FEST 2018 PASTA COOKING COMPETITION” di VHS Budi Mulia Dua, Jalan Raya Tajem km. 3, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Berawal dari inisiatif untuk mengikuti perlombaan tersebut, Maretta dan Krisna mencoba menyampaikan maksudnya dan meminta izin kepada dosen Program Studi Bisnis Jasa Makanan (Bisma). Setelah mendapatkan izin dan dukungan, dua mahasiswa tersebut menyusun konsep yang akan dibawa saat lomba nanti. Bisma mengirimkan tiga tim yang terdiri atas Maretta dan Krisna sebagai tim pertama, Heni dan Putri sebagai tim kedua, serta tim ketiga yaitu Anisa dan Isma.

Ketentuan dari BMD FEST 2018 PASTA COOKING COMPETITION antara lain tim harus terdiri atas dua orang, memilih salah satu jenis pasta (fettucini, fusilli, spageti, atau lasagna), membuat olahan pasta sebanyak dua porsi dengan teknis bebas dan dengan biaya harus Rp40.000,00 untuk dua porsi, membuat menu dan resep untuk diserahkan kepada panitia, serta hanya disediakan waktu selama 45 menit untuk pengolahan pasta dan clear up (kebersihan meja kerja, alat pengolahan, bak cuci, dan piring display).

Menu yang dibuat oleh tim pertama adalah “Fusilli Pasta with Kallio Sauce, tim kedua membuat “Fettucini Matcabor” yang merupakan perpaduan saus carbonara dengan sambal matah, sementara tim ketiga membuat “Fettucini Bolognese. Mereka sangat bersemangat mengikuti perlombaan tersebut dan sangat berharap ada yang memenangkan lomba dari perwakilan Bisma.

PASTA COOKING COMPETITION dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama pukul 09.15 WIB dan sesi kedua pukul 10.00 WIB. Tim Bisma mendapatkan giliran pada sesi kedua, sehingga perlombaan selesai pada pukul 10.45 WIB. Waktu berjalan terasa sangat cepat pada saat lomba berlangsung karena dalam waktu 45 menit, konsep memasak harus selesai semua termasuk clear up. Alhamdulillah, tim Bisma dapat selesai tepat waktu, bahkan tim pertama dapat menyelesaikan perlombaan sebelum juri mengingatkan sisa waktu 15 menit. Pengumuman pemenanng lomba dilakukan setelah salat Zuhur.

Ucap Alhamdulillahirabbil’alamiin, Allah Swt. mengabulkan doa. Mahasiswa Bisma berhasil mendapatkan juara 2 yang diperoleh tim pertama. Hasil tidak akan mengkhianati proses. Proses dari inisiatif mahasiswa kemudian mempersiapkan semuanya, berlatih memasak sebelum pelaksanaan lomba, hingga bersungguh-sungguh mengikuti perlombaan, akhirnya menghasilkan hasil yang sangat memuaskan dan membanggakan.