You are here

Buruh Gendong Pasar Beringharjo Ramaikan Fashion Show

Indonesian

Sejumlah 33 buruh gendong pasar Beringaharjo, Yogyakarta, Kamis (5/4/2018) tampak sumringah saat mengikuti lomba fashion show di Pendopo Timur Pasar Beringharjo. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Milad Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta ke-22, Hari Kartini, dan Hari Kesehatan Dunia.

Bermodal tenaga, jarik selendang, dan keranjang, ibu-ibu yang kebanyakan sudah berusia lanjut tampak sangat antusias mengikuti acara hingga usai. Panitia menyediakan hadiah dan bingkisan bagi para peserta. Yang membuat acara ini menarik perhatian pengunjung, meskipun sudah tidak muda lagi, mereka terlihat lincah dan tanpa malu-malu saat beraksi.

Menurut Ryan Budi Nuryanto, panitia pelaksana acara, fashion show khusus buruh gendong baru pertama kali diadakan di pasar Beringharjo. Penilaian tidak didasarkan pada kecantikan atau penampilan modelnya, melainkan lebih pada keoriginalannya. “Yang kami nilai adalah teknik gendong yang benar serta penampilannya saat menggendong. Ibu-ibu ini tampil secara natural tanpa riasan,” ungkap Ryan.

Kemudian yang perlu diperhatikan lagi, Fakultas Farmasi UAD juga menggandeng tukang pijat tuna netra untuk membantu melakukan pijat refleksi. Dekan Fakultas Farmasi UAD, Dr. Dyah Aryani Perwitasari, Apt.,Ph.D. menjelaskan, pihaknya sengaja memilih pasar Beringharjo sebagai lokasi pengabdian masyarakat.

“Buruh gendong perempuan adalah pekerjaan yang kurang mendapat perhatian. Bisa dilihat, ada banyak ibu-ibu lanjut usia yang secara kesehatan sudah bukan waktunya untuk bekerja,” kata Dyah di sela-sela acara.

Farmasi UAD ingin memberikan perhatian khusus kepada komunitas yang belum banyak tersentuh. Salah satu cara yang ditempuh dengan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis meliputi tekanan darah, asam urat, gula darah, pijat refleksi, konsultasi kesehatan, serta pengobatan gratis. (ard)