You are here

Drama Panca Darma sebagai Tugas Tutup Kelas

Indonesian

Drama Panca Darma dilakonkan oleh mahasiswa semester satu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan (PBSI-UAD). Acara yang berlangsung pada Rabu, 28/12/2016 di aula kampus 2 UAD tersebut menampilkan lima naskah. Di antaranya adalah “Kisah Kasih di Hutan”, “Siapa Nama Aslimu”, “Cerita Anak Sekolah Dasar”, “Sahabat Baru”, dan “Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi”.

“Selain untuk pengambilan nilai akhir semester, pementasan drama seperti ini juga harapannya dapat memperlihatkan bakat-bakat yang dimiliki mahasiswa semester satu. Apalagi di semester tiga nanti mereka diminta untuk mengambil mata kuliah penjurusan, yakni perfilman, jurnalistik, atau broadcasting. Jika sejak semester satu mereka sudah menyadari bakat dan minat dalam drama, akan memudahkan nantinya untuk memutuskan untuk mengambil penjurusan perfilman,” jelas Fitri Merawati.

Pementasan ini terlaksana dalam rangka Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Sastra yang diampu oleh Fitri Merawati, M.A., dan Dr. Rina Ratih, M.Hum.

Julivan Rahmat Sidiq atau yang biasa disapa Julivan mengaku senang dengan sistem pengambilan nilai akhir dengan praktik seperti pentas drama ini.

“Mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Sastra ini lebih banyak tentang ekspresi jiwa dan tubuh. Jadi kalau pengambilan nilai menggunakan sistem praktik atau pentas drama seperti ini menurut saya cocok. Respons teman-teman di kelas juga bagus, banyak yang senang walaupun ada pula yang bingung karena belum pernah berakting sebelumnya,” jelas pemuda berkacamata sekaligus ketua kelas B tersebut.

Setelah Drama Panca Darma tersebut digelar, selanjutnya giliran kelas A mementaskan UAS-nya di aula kampus 2, yakni pada 31/12/2016. (dev)