You are here

Fakultas Psikologi UAD Tanda Tangani MoU dengan BBWS Cimanuk

Indonesian

Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta tanda tangani MoU dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Jawa Barat. Penandatanganan ini dilakukan di kampus 1 UAD Jl. Kapas 9, Semaki, Yogyakarta. MoU kedua belah pihak dalam rangka kerja sama untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekitar Sungai Cimanuk.

Selama ini, kegiatan BBWS Cimanuk lebih banyak berhubungan dengan kegiatan yang bersifat teknis. Pada kesempatan tersebut, setelah bekerja sama dengan UAD, khususnya Fakultas Psikologi, BBWS Cimanuk akan menggalakkan kegiatan konservasi pendayagunaan air dan sanitasi dengan mengajak peran serta masyarakat, komunitas, serta berbagai pihak terkait.

Sebagai aktivasi MoU, Fakultas Psikologi akan ambil bagian dalam kegiatan ini. Nantinya akan ada banyak kegiatan yang pada dasarnya ditujukan untuk memberikan pendidikan non formal kepada masyarakat di sekitar Sungai Cimanuk terkait pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Menurut Karisal Adiyan Manuk, Kepala BBWS Cimanuk, saat ini warga sekitar sungai banyak yang abai terhadap lingkungan hidup mereka. Ia mengharapkan dengan adanya kerja sama ini, akan membantu menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup yang sehat.

“Selain masyarakat dan komunitas, kami dari BBWS Cimanuk akan banyak melibatkan generasi muda dan bantuan dari psikolog terkait sanitasi di sekitar Sungai Cimanuk. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mendorong masyarakat menjaga sungai agar tetap terasa keasriannya,” tegas Karisal. (ard)