img_37151.jpg

FKIP Gelar SENDIKA Tahun Kedua

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) bekerja sama dengan Badam Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Seminar Nasioal Pendidikan (SENDIKA) pada Ahad (19/11/2017).  Bertempat di auditorium kampus 1 Jalan Kapas, SENDIKA mengangkat tema “Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Abad 21 yang Berkemajuan”. Berangkat dari tema tersebut, FKIP UAD mendatangkan tiga keynote speaker untuk masing-masing bidang. Untuk bidang bahasan Kurikulum 2013 Revisi dibahas oleh Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI), sedangkan bidang bahasan Pendidikan Abad 21 dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Conradus Daniaworo (Ketua Dewan Pendidikan Indonesia). Keynote speaker ketiga adalah Dr. Kasiyarno, M.Hum. (Wakil Ketua Majlis Disdasmen PP Muhammadiyah) yang membahas perihal Pendidikan Berkemanjuan.

Seminar diawali dengan pertunjukan tari tradisional oleh Mufo Dance, komunitas tari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD). SENDIKA diikuti 200 peserta seminar, 73 pemakalah, dan 10 tim Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) FKIP PBSI dari seluruh Indonesia.

SENDIKA juga dihadiri oleh Rektor UAD Dr. Kasiyarno, M.Hum., Wakil Rektor III Dr. Abdul Fadlil, M.T., Dekan FKIP UAD Dra. Trikinasih Handayani, M.Si., Wakil Dekan FKIP UAD Dr. Suparman M.Si., DEA., Kepala Prodi dan Sekretaris Prodi, serta jajaran dosen FKIP UAD.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP UAD, Trikinasih mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya acara tersebut serta mengapresiasi kerja keras seluruh panitia fakultas dan BEM.

“Saya berharap seminar ini dapat bermanfaat bagi peserta dan pemakalah, serta memberikan pembaruan bagi kemajuan bidang pendidikan khususnya tentang Kurikulum 2013 Revisi. Saya mewakili panitia sangat bersyukur dapat mendatangkan pemateri yang ahli di bidangnya. Walaupun Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. berhalangan hadir, dan diwakilkan oleh Dr. Awaluddin Tjalla selaku Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan, semoga kita dapat mendapatkan ilmu terbaru tentang kebijakan-kebijakan pemerintah darinya. Selain itu, semoga seminar ini dapat memberikan pembaruan dan kebaikan untuk pendidikan Indonesia. Selamat berseminar!” pungkasnya.