You are here

FKIP Lepas 438 Wisudawan

Indonesian

Bertempat di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan pelepasan calon wisudawan periode Agustus 2017. Sebanyak 438 wisudawan tersebut di antaranya 76 dari Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling (BK), 64 dari Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), 69 dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), 9 dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), 17 dari Pendidikan Fisika (PFis), 39 dari Pendidikan Biologi (PBio), 76 dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan 35 dari Pendidikan Guru Pendidikan Anak (PGPAUD). Rektor UAD, Dr. H. Kasiyarno, M.Hum., dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati dan selamat kepada dosen yang berhasil mendidik serta mentransfer ilmu. Ia tidak lupa mengingatkan calon wisudawan untuk bersyukur karena dapat menimba ilmu hingga ke perguruan tinggi.

Mengangkat tema “Sinergisitas Akademik dan Enterpreunership dalam Menyongsong Generasi Emas Indonesia 2045”, acara tersebut dihadiri Rektor UAD, Wakil Rektor I Dr. H. Muchlas, M.T., Dekan FKIP Dra. Trikinasih Handayani, M.Si., Wakil Dekan FKIP Dr. Suparman M.Si. DEA., Kaprodi dan Sekretaris Prodi, dosen, serta karyawan. Sejalan dengan tema yang diangkat, pembekalan untuk calon wisudawan diisi materi oleh Prof. Dr. H. Musa Asy’arie, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga ke-10 sekaligus seorang pengusaha sukses. Musa Asy’arie, pada 2002-2004 menjabat sebagai Penasihat Khusus Bidang Pengembangan Usaha Kecil Menengah Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI. Ia juga pernah menerima penghargaan Pengusaha Berprestasi 1997. Ia memberi dorongan dan semangat kepada calon wisudawan untuk tidak hanya mengabdi sebagai pendidik, tetapi juga menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

Panitia acara yang berasal dari Prodi PGSD mempersiapkan beberapa hiburan yang dipersembahkan mahasiswa Prodi PGSD. Hiburan-hiburan tersebut berupa penampilan musik akustik, nasyid, dan tari tradisional Ngoser dari Mufo Dance. Selain itu, tim dosen FKIP pun tidak kalah mempersembahkan hiburan musik kulintang. Gita Akademika menyanyikan tiga lagu, yaitu “Hai Sarjana” (cover lagu “Despacito”, lirik oleh Fitri Merawati), “Yogyakarta” (Katon Baghaskara) dan “Semua Karena Cinta” (Joy Tobing). Dalam kesempatan tersebut, Rektor UAD pun menyanyikan lagu “Sayonara” bersama para wisudawan.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat dan kenang-kenaangan kepada wisudawan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terbaik fakultas dan masing-masing program studi. Wisudawan dengan IPK terbaik fakultas sekaligus terbaik universitas adalah Nia Zulaini (PBI) dengan IPK 3.94, disusul Wiwik Okta S. (PPKN) dengan IPK 3.92, Sri Herwati (PGSD) dengan IPK 3.92, Siti Citasari (PGSD) dengan IPK 3.92, Nindia Eka Saditri (BK) dengan IPK 3.87, dan Santi Widiasari (BK) dengan IPK 3.87.(dev)

 

Foto oleh : Dr. H. Muchlas, M.T.