sem_intr.jpg

FKM UAD Selenggarakan Seminar Internasional “K3”

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan seminar internasional bertajuk “Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)” di Hotel Phoenix Yogyakarta (4-5/10/2017). Seminar ini diikuti sekitar 200 peserta dari berbagai negara dan institusi.

Pembicara pada seminar internasional kali ini berasal dari dalam dan luar negeri. Di antaranya Sudi Astono (Kementerian Tenaga Kerja), Wattasit Siriwong (Chulalongkorn University, Thailand), Azwan Bin Aziz (Universiti Teknikal Melaka, Malaysia), Nayake BP Balalla (Senior Medical Officer Jerudong Park Medical Center, Brunei), dan Widodo Haryono (FKM UAD).

Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum., dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan agar para peserta, khususnya mahasiswa dan dosen UAD, dapat menyerap ilmu dari para pembicara.

“Keselamatan dan kesehatan kerja harus diutamakan, khususnya mahasiswa yang kelak akan terjun di dunia kerja.”

Tujuan diadakannya acara ini untuk mengedukasi dan memberikan wawasan terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di dunia industri. Faktor utama kejadian kecelakaan kerja biasanya karena masih rendahnya budaya serta perilaku pekerja dalam menerapkan keselamatan kerja. Untuk mencegah hal-hal tersebut serta meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja, maka diperlukan sosialisasi dan edukasi.

Seminar ini menekankan pada pentingnya keselamatan pekerja, sehingga bisa lebih produktif dalam bekerja. Pada akhirnya, produktifitas pekerja juga akan bermanfaat bagi kemajuan sebuah perusahaan. (ard/doc)