fti_wakili_universitas_dalam_pameran_sains_dan_teknologi_pancasilais.jpg

FTI Wakili Universitas dalam Pameran Sains dan Teknologi Pancasilais

Fakultas Teknologi Industri (FTI) mewakili Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam acara pameran “Sains dan Teknologi Pancasilais: Tunjukkan Jogjamu untuk Indonesia”. Pameran yang diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini berlangsung pada Rabu-Jumat, (04-06/10/2017).

“Pameran ini dipercayakan kepada FTI karena memiliki keterkaitan yang lebih dekat yakni mengenai teknologi, sesuai dengan nama fakultasnya,” ucap Endah Sulistiawati, S.T., M.T. selaku wakil dekan FTI ketika diwawancarai pada Rabu, (04/10/17).

Sebanyak 84 stan dengan background dan kreativitas meramaikan pameran tersebut, mulai dari instansi, komunitas, praktisi, dan lainnya. Di antaranya Kabupaten Bantul dengan Karya Anak Bantul (Kanaba) memamerkan hasil produksi mesin cuci untuk instansi seperti rumah sakit dan hotel, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta memamerkan mobil tamiya, Komunitas Hidroponik menunjukkan hasil tanamannya, Politeknik Sanata Dharma dengan angklung automatisnya, serta hal menarik lainnya.

Acara yang digagas oleh Perhimpunan Warga Pancasila (PWP) serta Keraton Yogyakarta tersebut berlangsung meriah. Istimewa lagi, acara ini dibuka oleh Sri Sultan Hamengkubowono X. Didampingi Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Sri Sultan mengunjungi langsung stan pameran FTI UAD. GKR Hemas juga memberikan semangatnya kepada mahasiswa.

“Tetap berkarya dengan teknologi untuk Jogja dan Indonesia,” tuturnya ketika mengunjungi stan pascapembukaan acara pameran.

Pengunjung pameran ini berasal dari berbagai kalangan, yakni siswa, mahasiswa, guru, dosen, pejabat daerah, dan masyarakat lainnya. Sehingga, tidak salah jika tujuan utama perwakilan dari UAD mengikuti acara ini adalah untuk memperkenalkan kampus melalui kreativitas yang sudah diciptakan. Di antaranya Teknik Elektro dengan berbagai jenis robot yang sering menjuarai even perlombaan baik di luar ataupun dalam negeri, Teknik Kimia yang dapat membuat produk sabun dan biodiesel, Teknik Industri dengan hasil perancangan produk, Teknik Informatika dengan aplikasi melalui koding, dan Teknologi Pangan mengenai hasil olahan pangan. (sch).