whatsapp_image_2017-08-16_at_4.27.17_am.jpeg

HKI UAD Gelar Sosialisasi Program Inkubasi Bisnis & Teknologi

Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar acara sosialisasi Inkubator Pusat Bisnis dan Teknologi (IPBT) pada Minggu (13/8/2017). IPBT merupakan lembaga di bawah Sentra HKI UAD yang berperan sebagai inkubator bisnis dengan tujuan pengembangan usaha universitas maupun masyarakat umum, baik usaha mikro, kecil, maupun menengah. Dalam acara tersebut, hadir Dr. Kintoko, M. Sc., Apt. selaku kepala inkubator PBT UAD dan Son Ali S.T. M.eng. sebagai pembicara.

Melalui IPBT, peserta memiliki kesempatan didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), khususnya melalui dana hibah pengembangan usaha dan penguatan motivasi Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT), Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi-Perguruan Tinggi (PPBT-PT), serta Inkubasi Berbasis Teknologi (IBT). Program ini diawali dengan pengumpulan proposal, yang dilanjutkan dengan seleksi terkait.

Selain sudah memiliki prototype produk inovasi, persyaratan yang harus dipenuhi bagi pemilik usaha untuk mengikuti program ini adalah pemilik usaha maksimal berusia 40 tahun dan memiliki produk yang inovatif dan berteknologi dalam bidang pangan, kesehatan dan obat, energi, transportasi, pertahanan dan keamanan, TIK, bahan baku, serta material maju. Peserta yang lolos seleksi akan menjadi calon tenant IPBT untuk mengikuti seleksi oleh Kemenristek Dikti.

Acara sosialisasi tersebut adalah rangkaian acara awal IPBT dalam mencari, menyeleksi, kemudian mendampingi usaha yang akan dijalankan. Dari proses seleksi awal, IPBT berhasil menjaring 8 pemilik usaha untuk mengikuti pelatihan dan pendampingan penyusunan proposal, dan mengikuti seleksi Kemenristek Dikti.(dev)