You are here

Kamada Farmasi UAD Dirikan Posko Kesehatan di Lombok

Indonesian

 

 

Keluarga Alumni Mahasiswa Ahmad Dahlan (Kamada) Farmasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) mendirikan posko kesehatan bagi korban bencana alam gempa bumi di Lombok. Posko ini didirikan bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mataram.

Dari keterangan Dzun Haryadi Ittiqo, M.Sc.,Apt. Ketua Kamada Farmasi NTB, posko didirikan untuk memberikan akses kesehatan bagi para korban gempa. “Bencana memberikan banyak hikmah, di antaranya meningkatkan solidaritas dan kepedulian terhadap sesama, membangun rasa empati, serta simpati di masyarakat,” jelasnya.

Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram ini menambahkan, banyak pengetahuan dan keilmuan yang dipelajari sewaktu kuliah, bisa diimplementasikan di masyarakat, khususnya di lokasi bencana. Ia bersama tim bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk memudahkan akses kesehatan.

Dalam memberikan pelayanan, ditekankan untuk selalu sabar, senyum, dan ramah, sehingga para korban merasa memiliki saudara baru di tempat pengungsian. “Banyak ilmu baik akademik maupun nonakademik yang saya dapatkan dulu di UAD yang bermanfaat dan bisa diaplikasikan di lokasi bencana,” tandas laki-laki yang aktif di Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) NTB ini.

Menurut keterangannya, karena tenaga farmasi tidak bisa intervensi penyakit, sehingga harus bekerja sama dengan (FK) UNRAM. Kendala yang dihadapi saat di lokasi bencana adalah logistik obat yang terbatas. Kemudian akses medan jalan yang sulit menyebabkan sulit menjangkau tempat-tempat yg terisolir. Saat ini Dzun dan Kamada Farmasi UAD masih terus memberikan pelayanan kesehatan untuk memulihkan korban gempa bumi di Lombok. (ard)