You are here

Kemenristekdikti dan UAD Selenggarakan Pelatihan Verifikator Sinta

Indonesian

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) akan menyelenggarakan pelatihan verifikator Sistem Indeksasi dan Sitasi (Sinta). Kegiatan tersebut akan dilangsungkan 17-18 April 2018 di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja, Jl. Janti-Gedong Kuning, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Peserta pelatihan berjumlah seratus orang, terdiri atas perwakilan perguruan tinggi dan kopertis.

Tujuan kegiatan ini untuk melakukan penyamaan persepsi terkait fitur dan fasilitas yang akan diberikan oleh pelatih kepada verifikator. Kemudian juga untuk memberikan panduan, petunjuk teknis, dan pemecahan masalah dalam proses verifikasi data dosen dan lembaga di perguruan tinggi masing-masing. Terakhir, sebagai pembinaan terhadap verifikator di perguruan tinggi sehingga kualitas data yang ada di Sinta terjaga dengan baik.

Direktorat Jenderal Riset Teknologi dan Pengembangan meluncurkan Sinta sebagai sistem yang dapat digunakan oleh penentu kebijakan dalam melakukan evaluasi kinerja dosen. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai rujukan bagi dosen serta peneliti untuk melihat jurnal yang direkomendasi oleh Kemenristekdikti.

Sinta versi 2.0 yang di-launching pada Jumat (4/8/2017) memiliki tampilan baru dan konten dari penulis sebanyak 30.000 dosen serta 959 jurnal. Pada Januari 2018, penulis yang sudah terdaftar ke Sinta lebih dari 80.000. Untuk mengimplementasikan Sinta agar berjalan optimal, maka diperlukan kegiatan verifikasi data yang akan mengatur mekanisme pengumpulan data, serta menjamin data yang masuk valid dan sesuai dengan kinerja masing-masing penulis.

Oleh karenanya, pada 2018 ini verifikasi Sinta yang semula dilakukan terpusat, akan didelegasikan ke perguruan tinggi untuk memudahkan dan mempercepat proses verifikasi. Sebagai bagian proses dari pendelegasian proses verifikasi, maka diperlukan pelatihan untuk pelatih verifikator dan verifikator Sinta.

Akan hadir sebagai narasumber Son Ali (UAD), Sam Farisa Chaerul Havian (UNISSULA), Dr. Kasiyarno, M.Hum. (Rektor UAD), Tole Sutikno, Ph.D. (Kepala LPPI UAD), Ira Nurhayati Djarot (Direktur Sistem Riset dan Pengembangan), dan Sjaeful Irwan (Subdit. Sistem Informasi Riset dan Pengembangan).

Harapannya, pelatihan ini bermanfaat untuk mengevaluasi kinerja dosen dan perguruan tinggi secara efektif dan efisien, dalam rangka meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dosen sebagai wujud dari penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (doc)