img_20170924_102902.jpg

Kenali, Pahami, dan Tangani Bencana di Sekitar Kita

Komunitas Relawan Psikososial Ahmad Dahlan (Korps-AD) menggelar Seminar Kebencanaan pada Ahad (24/9/2017). Seminar tersebut mengangkat tema “Peran Media dalam Peningkatan Kepedulian Sosial terhadap Bencana dan Tahap Preventif Penanganannya”. Seminar yang bertempat di kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) itu bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial, baik mahasiswa UAD maupun masyarakat umum. Ketiga pembicara yang mengisi seminar tersebut antara lain Purwadi (SAR MUH), Danang (BPBD DIY), dan Dr. Hadi Suyono, M.Si. (dosen UAD).

Salah satu materi seminar membahas tentang prinsip dasar manajemen bencana. Dalam segmen ini, muncul diskusi tanya-jawab antara peserta dan pemateri. Beberapa pokok diskusi yang muncul adalah langkah edukasi masyarakat agar terhindar dari hoax atau berita palsu tentang bencana yang sedang terjadi atau yang akan terjadi.

“Anak muda seperti kalian ini mahal harganya,” tukas Hadi Suyono, mengapresiasi peserta seminar yang berjumlah 68. “Kalian adalah anak muda yang istiqamah dan mau berjuang untuk orang lain. Saya yakin jika kalian punya program yang tujuannya baik, pasti banyak pihak akan mendukung,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia membahas studi kasus bencana gempa Bantul yang pernah ia lalui dan mengaitkannya dengan psikologi komunitas. Ia juga menggarisbawahi tugas Korps-AD sebagai relawan psikososial bukan hanya pada tahap penanganan, tetapi juga pada tahap preventif. Ia berharap Korps-AD dapat berperan aktif dalam proses penyadaran komunitas atau masyarakat agar tanggap bencana. (dev)