pelatihan_k3_umkt_dan_uad.jpg

Kesling UMKT Kerja Sama dengan UAD

Sebanyak 20 mahasiswa D3 Kesehatan Lingkungan (Kesling) Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) mengikuti pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Yogyakarta (4-5/9/2018). Kegiatan ini bekerja sama dengan Pusat K3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Kesling UMKT, Ratna Yuliawati S.K.M.,M.Kes.Epid. mengharapkan mahasiswa mempunyai kompetensi yang unggul, utamanya sebagai ahli sanitarian.

Sementara Muhammad Rifai, S.K.M., M.Sc., Ketua Peminatan K3 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UAD menyatakan, peserta mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan di bidang K3 serta mendapatkan SKPI sebagai bekal setelah lulus untuk diserap di dunia kerja. Pada kesempatan tersebut, Rifai hadir bersama DR. Ir. Widodo Hariyono., M.Kes., Kepala Pusat K3 UAD.

Saat ini, ilmu K3 telah menjadi kebutuhan baik di dunia industri atau non industri, swasta atau pemerintahan. Salah satu alasan pentingnya penerapan K3 adalah melindungi pekerja dalam upaya mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kebakaran, kerugian properti, dan lain sebagainya.

Selain pelatihan, akan ada kerja sama dari Kesling UMKT dengan Pusat K3 UAD. Kerja sama ini bertujuan untuk meningatkan pemahaman dan kualitas mahasiswa terkait K3. (doc/ard)