You are here

Kuda Sarpin UAD Juara 1 Event I3E

Indonesian

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia menggelar Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E), Kamis-Minggu (25-28/10/2018) di Jogja City Mall. Gelaran ini merupakan tempat para inovator memamerkan hasil kerjanya kepada masyarakat tentang produk startup yang berbasis inovasi. Event tersebut diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi guna memamerkan inovasi generasi milenial Indonesia.

Pada ajang nasional ini, tim dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memperoleh juara 1 kategori kompetisi inovasi dengan karya Kursi Beroda dengan Sarung Tangan Pintar (Kuda Sarpin). Tim Kuda Sarpin beranggotakan Ahmad Yogaswara, Iqbal Cahya Kurniawan, dan Muhammad Annas dari Teknik Elektro, serta Ferosa Ardina Wardani dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Dosen pembimbing tim Kuda Sarpin Anton Yudahana, S.T.,M.T.,Ph.D.

Dari penjelasan Ahmad Yogaswara, pembuatan Kuda Sarpin dilatarbelakangi belum maksimalnya penyandang disabilitas memperoleh fasilitas umum. “Misalnya kurangnya akses layanan transportasi, bangunan, pendidikan, dan pekerjaan merupakan beberapa contoh yang menjadi penghambat dalam kehidupan sehari-hari para penyandang disabilitas.

Sementara Anton Yudhana menyampaikan, ia dan tim asuhannya siap mempromosikan produk-produk inovasi teknologi hasil karya anak bangsa, khususnya UAD, kepada masyarakat luas. Sehingga hasil inovasi dari para inovator benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat.

Pameran I3E 2018 diikuti oleh 261 startup inovasi teknologi. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya terdiri atas bidang pangan, kesehatan, informasi teknologi, expan material, transportasi, teknologi pertahanan, energi terbarukan, dan manajemen kebencanaan.

Event kali ini mengangkat tema “Startup: Optimisme untuk Bangsa”. I3E telah dilaksanakan selama tiga tahun terakhir yang merupakan sarana bagi perusahaan rintisan berbasis teknologi untuk mulai berhadapan dengan pasar, investor, dan pemangku kepentingan yang lebih luas.

Sebelum menjuarai salah satu kategori dalam event ini, tim Kuda Sarpin UAD masuk 10 besar finalis Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Tekonologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 11 Tahun 2018. Tim ini masuk 10 finalis lomba piranti cerdas, sistem benam dan IoT (Smart Devices, Embedded Systems and IoT). (ard/doc)