You are here

Kuliah Umum MTI UAD: Manfaatkan Teknologi untuk Umat

Indonesian

Program Pascasarjana Magister Teknik Informatika (MTI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Teknologi Mobile 5G, Keamanan Informasi dan Forensik Komputer dalam Era Big Data”. Kuliah umum yang berlangsung di auditorium kampus 3 UAD, Kamis (28-3-2019) menghadirkan pembicara Edwin Purwadensi dari PT Telekomunikasi Indonesia.

Wakil Rektor I UAD, Dr. Muchlas, M.T. dalam sambutan sekaligus pembukaan acara mengatakan, banyak informasi yang bisa didapatkan terkait perkembangan teknologi dari kuliah umum ini. Ia mengimbau mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan MTI untuk mengikuti kuliah umum dengan serius.

Materi yang disampaikan pada kuliah umum ini bisa mendukung tugas akhir, baik skripsi maupun tesis. Apalagi yang menyangkut big data. Manfaatkan teknologi informasi untuk hal-hal yang bersifat positif,” kata Muchlas.

Di sisi lain, Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. Wakil Direktur Program Pascasarjana mengungkapkan tema yang diangkat dari kuliah umum ini relevan dengan keadaan dunia saat ini. Perkembangan teknologi berjalan sangat cepat.

Saat ini teknologi menjangkiti berbagai bidang. Di pendidikan, lingkungan, ekonomi, dan lain sebagainya. Sebagai individu, bagian masyarakat dan seorang ilmuwan, fenomena perkembangan teknologi ini harus disikapi dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat,” jelasnya.

Ia menambahkan, mahasiswa sebagai global netizen, harus banyak memberi sumbangsih dalam perkembangan teknologi informasi. “Kalau lulus tidak hanya memperbaiki karier, tapi harus berkontribusi untuk orang lain, memberi manfaat berdasar keilmuannya dan nilai keagamaan,” tandas Dwi. (ard)