kunjungi_uad_um_malaysia_kuatkan_kerja_sama.jpg

Kunjungi UAD, UM Malaysia Kuatkan Kerja Sama

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mendapat kunjungan dari University of Malaya Malaysia. Kunjungan ini dalam rangka memperkuat kerja sama yang sudah berlangsung hampir 8 tahun. Dari penjelasan Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Abdul Mukhlis, S.Ag.,M.Ag., kerja sama luar negeri ini merupakan salah satu yang terlama di UAD.

“Agenda terbaru, kerja sama antarperguruan tinggi ini meliputi Penelitian Luar Negeri dan Publikasi Ilmiah (PKLN-PI).  Judul penelitian yang kami angkat mengenai Konsep Makna antara Kamus Arab-Indonesia dan Arab-Malaysia dan Pengaruhnya dalam Terjemahan al-Quran. Ini merupakan skim unggulan yang melibatkan mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab dari UAD, UM, dan UiTM Malaysia,” jelasnya.

Selama ini, kerja sama yang dilakukan melingkupi program pertukaran pelajar, join research, seminar internasional, penerbitan jurnal bersama, kuliah umum, dan yang akan segera berlangsung kemah bahasa antarnegara.

Sementara Prof. Dr. Haji Mohammad Bin Seman, pengajar dari University of Malaya Malaysia, mengemukakan alasannya memilih UAD untuk bekerja sama karena sejarah perjuangan KH. Ahmad Dahlan.

“Di Yogyakarta banyak sekali perguruan yang bisa kami ajak kerja sama. Tetapi, kami lebih memilih UAD sebagai partner. Ini ialah soal hati, Ahmad Dahlan memiliki sejarah panjang dalam perjuangannya berdakwah agama Islam,” tandasnya.

Dari UAD dan Indonesia, Seman mengaku banyak mempelajari kebudayaan Islam dan keilmuan yang tidak didapatkan di Malaysia. Begitu juga dengan Mukhlis, kerja sama kedua pihak memberikan pengalaman dan pengetahuan baru terkait perkembangan Islam dan memperkuat silaturahmi antarnegara.(ard)