9_leadership_style_untuk_sistem_kerja_yang_baik_kabar_uad_gambar_3.jpg

Leadership Style untuk Sistem Kerja yang Baik

Dalam sebuah instansi, organisasi, maupun perusahaan, yang terpenting adalah trust’ atau kepercayaan. Kepercayaan bisa didapat dari leadership style yang bagus.

Gelar doktor yang disandang oleh Dr. H. Abdul Choliq Hidayat, M.Si., didapatkan setelah ia melakukan penelitian tentang leadership style di salah satu perusahaan BUMN.

Laki-laki kelahiran Lamongan ini meninjau gaya kepemimpinan dan kultur perusahaan terhadap motivasi kerja, kepuasan, dan kinerja karyawan. Salah satu kunci sukses untuk menciptakan sistem kerja yang baik adalah leadership style.

"Kalau sistem sudah jalan, ganti pemimpin pun tidak akan mengubah kultur perusahaan. Kalaupun ada perubahan, tidak akan merusak tatanan sistem yang sudah ada," jelas Abdul.

Dosen Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta ini menjelaskan, apalah arti hebatnya pemimpin apabila yang dipimpin tidak sejalan dengan pemimpinnya. Kejelasan berpikir seorang pemimpin harus dapat dipahami oleh orang yang dipimpin agar tercipta suatu sinergi untuk ketercapaian sistem kerja dan hasil yang baik.

"Spirit juga menjadi salah satu pendukung ketercapaian sistem yang baik. Ada sinergi antara pemimpin dan yang dipimpin. Kalau di UAD, sekilas saya melihat kepemimpinannya akan membawa perubahan yang baik bagi instansi ini. Ada sinergi yang baik antarelemen di UAD."

Lebih lanjut, alumnus Unair ini memberikan contoh sederhana terkait pemimpin yang sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan di UAD. Perhatian yang lebih dari seorang pemimpin terhadap yang dipimpin akan memunculkan sesuatu yang disebut dengan‘trust’. (ard)