You are here

Libatkan Masyarakat, FKM UAD Tanam Mangrove di Baros

Indonesian

Dalam rangka memperingati milad ke-17, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kegiatan peduli lingkungan. Kegiatan tersebut dilakukan dengan penanaman mangrove di Pantai Baros, Bantul, Yogyakarta, Minggu (31-3-2019).

Sebanyak 30 peserta yang terlibat merupakan perwakilan dosen, karyawan, dan mahasiswa FKM UAD. Kegiatan penanaman mangrove ini juga melibatkan Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B) dan masyarakat sekitar.

Pembukaan kegiatan secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Dr. Nurul Qomariah., M.Med. yang ditandai dengan penyerahan bibit mangrove kepada perwakilan KP2B Pantai Baros. Kemudian kegiatan dilanjutkan pengarahan terkait metode penanaman mangrove oleh Dwi Ratmanto.

Menurut Dwi, mangrove yang ditanam oleh sivitas akademika FKM UAD merupakan jenis mangrove Avicennia sp. Mangrove jenis ini dapat digolongkan sebagai pohon perintis yang dapat tumbuh baik pada kawasan pantai.

Salah satu peserta mahasiswa berharap, bibitnya tumbuh besar dan kuat melawan abrasi pantai. Kegiatan ini merupakan rangkaian milad dan merupakan salah satu bentuk pengabdian FKM UAD kepada masyarakat dan lingkungan.

Kegiatan ini sesuai dengan visi misi FKM UAD yang berorientasi pada healthy city dan healthy tourism,” jelas ketua panitia milad, Nur Syarianingsih Syah, SKM.,M.Kes. (doc)