You are here

Liga Internal UAD Resmi Bergulir

Indonesian

Liga internal Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta merupakan liga sepakbola yang diselenggarakan dengan tujuan sebagai sarana pengembangan bakat mahasiswa. Selain itu, yang tidak kalah penting untuk mempererat silaturahmi antar-prodi dan fakultas, serta mengenalkan klub sepakbola UAD FC.

Menurut penjelasan Yudhiakto Pramudya, Ph.D., pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola, liga internal UAD 2018 diselenggarakan atas inisiasi UKM dan manajemen UAD FC.

“Liga ini ajang silaturahmi bidang olahraga antarmahasiswa, dosen, dan karyawan. Kemudian yang menjadi perhatian utama adalah pemantauan bibit muda untuk UAD FC yang akan berlaga di Liga 3 Regional DIY,” ungkap Yudhiakto.

Sementara dari manajemen UAD FC, Ulinnuha Yudiansa Putra, S.E.,M.Acc., Ak. mengharap akan terjaring bibit unggul pemain sepakbola dari mahasiswa UAD. Ia menambahkan, penjaringan ini sebagai bentuk dukungan pembinaan karier non-akademik bagi mahasiswa.

Bibit unggul yang terjaring nantinya akan diseleksi dan dimasukkan ke UKM Sepakbola, Orion UAD (kompetisi kota Yogyakarta), dan juga UAD FC (liga 3).

Total ada 21 tim yang ikut dalam kompetisi yakni terdiri atas program studi, fakultas, serta dosen karyawan UAD. Kompetisi menggunakan sistem grup. Ada 4 grup dengan masing-masing diisi 5 sampai 6 tim. Nantinya, yang berhak melaju ke babak selanjutnya dengan sistem gugur hanya juara grup dan peringkat kedua terbaik.

Saat ini pertandingan sudah memasuki pekan kedua, pekan pertama telah dimulai pada Sabtu (31/3/2018). Pertandingan  dimainkan di lapangan Potorono dan Tamanan, serta berlangsung setiap Sabtu dan Minggu. (ard)