img-20171101-wa0004.jpg

Mahasiswa BK Raih Juara 3 di Olimpiade BK UM Malang

Ida Ittifaqur Rosidah, mahasiswa semester 5 Program Studi Bimbingan dan Konseling (Prodi BK) berhasil meraih juara 3 lomba bimbingan kelompok dalam Olimpiade Bimbingan dan Konseling di Universitas Muhammadiyah Malang (UM Malang), 28 Oktober 2017 lalu.  Ditemui di aula kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Ida menjelaskan ada dua tahap yang harus ia lalui dalam lomba bimbingan kelompok tersebut. Tahap pertama adalah tes tertulis dengan 100 soal, yang harus ia kerjakan dalam waktu 90 menit. Setelah lolos tes tertulis, Ida masuk ke babak final.

“Kalau lomba bimbingan kelompok di UM Malang kemarin, sistemnya berbeda dengan lain. Lomba ini sistemnya individu, hanya saya yang maju sebagai konselor. Sedangkan, anggota kelompoknya diambil dari sukarelawan penonton babak final saat itu. Tahap pertama tes tertulis, setelah lolos dan masuk babak final, ada praktik bimbingan kelompok,” jelasnya.

“Lawan dari universitas lain semuanya hebat. Seperti yang juara pertama kemarin, sangat menguasai keterampilan menjadi pemimpin, menguasai dinamika kelompoknya. Teknik public speaking-nya juga sangat baik, jadi peserta kelompoknya lebih aktif,” tambah Ida.

Walaupun merasa hasil yang didapat belum maksimal, ia mengaku sangat bangga atas juara yang berhasil diraih.

“Saya beberapa kali ikut olimpiade belum berhasil, sekarang bisa meraih juara 3 tentu sangat bangga dan bersyukur. Saya berharap bisa mempertahankan prestasi ini, dan di masa depan dapat meningkatkannya lagi,” ucapnya dengan senyum. (dev)