mahasiswa_fkm_uad_peroleh_beasiswa_student_exchange_di_thailand.jpg

Mahasiswa FKM UAD Peroleh Beasiswa Student Exchange di Thailand

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti pada tahun 2016 melaksanakan program transfer kredit Mahasiswa ke beberapa negara di ASEAN, ASEAN plus Three dan Eropa/ASEM. Ini  disesuaikan  dengan rencana strategis Kemenristekdikti tahun 2016. Kredit transfer merupakan suatu  mekanisme pengakuan beban kerja dan prestasi pada suatu lembaga pendidikan tinggi dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya.

Dalam kredit transfer, komponen kualifikasi dapat disetarakan dengan kualifikasi lain dengan menyatukan kredit yang sebanding untuk pencapaian akademis dan prestasi individu. Tujuan adalah  meningkatkan mobilitas mahasiswa untuk belajar ke luar negeri dan mempererat hubungan antar perguruan tinggi.

Yudha Puratmaja salah satu mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat universitas Ahmd Dahlan (FKM UAD) dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti program tersebut. Selama satu semester ke depan mahasiswa tersebut akan melaksanakan kegiatan perkuliahan di Faculty Of Public Health, Khon Kaen University (KKU), Thailand. Beasiswa tersebut ditanggung oleh kemenristekdikti selama kegiatan tersebut berlangsung sampai Februari 2017. Seleksi dilakukan langsung oleh Universitas maupun kemenristekdikti baik secara administrasi maupun wawancara.

Lolosnya Yudha Puratmaja mendapatkan beasiswa pendidikan merupakan yang kesekian kali bagi UAD, tapi ini yang pertama bagi FKM. Lolosnya mahasiswa FKM UAD  menunjukkan bahwa kualitas yang dimiliki oleh mahasiswa FKM UAD mampu berkompetisi di tingkat internasional.

“Selama di KKU Thailand, mahasiswa tersebut akan mengikuti kegiatan perkuliahan yang bisa  ditransfer ke sistem kurikulum perkuliahan yang ada di FKM UAD, ” terang Rosyidah, S.E., M.Kes. saat ditemui, Jumat (21/10/2016).

Dekan FKM tersebut menegaskan, bahwa mahasiswa yang bersangkutan tidak akan kehilangan Sistem Kredit Semister (SKS) dalam perkuliahan di FKM UAD. “Justru program  ini menjadi pengalaman yang sangat berharga, karena bisa menimba ilmu di perguruan tinggi lain terutama di luar negeri, ” tukasnya.