img_0839.jpg

Mahasiswa Pascasarjana UAD Ikuti Pembekalan Prodamat 2017

Program Pemberdayaan Umat (Prodamat) yang dilaksanakan Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta merupakan sarana mahasiswa untuk berpikir kritis mencari solusi terbaik terhadap permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Sebelum penerjunan, mahasiswa dibekali materi tentang Prodamat yang disampaikan Drs. H. Muchlas Abror, dr. H. Agus Taufiqurrahman, Sp.S.,M.Kes., dan Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. Pembekalan dilangsungkan di auditorium kampus 3 UAD, Sabtu (16/12/017) dan diikuti sekitar 244 mahasiswa.

Prodamat merupakan salah satu upaya untuk menyinkronkan antara pengetahuan umum dan ilmu agama. Prof. Dr. Ahmad Mursyidi, M.Sc.,Apt., Direktur Pascasarjana UAD menyampaikan bahwa Islam itu harus meliputi semua aspek.

“Pengetahuan dan agama ditujukan untuk berbuat kemakmuran, keadilan, dan menjaga lingkungan. Utamanya peduli terhadap lingkungan sekitar, masyarakat, maupun alam.”

Program ini mewajibkan mahasiswa pascasarjana mengabdi kepada masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitar Jawa Tengah. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa harus menunjukkan sikap kecendekiawanan. Sikap ini penting sebagai landasan calon akademisi maupun praktisi yang juga mendalami ilmu agama, khususnya Islam.

Mursyidi menegaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mental dan spiritual mahasiswa sebagai agen perubahan. Selain itu, mahasiswa didorong untuk terus berpikir kritis menggunakan kreativitas serta inovasinya memberi solusi alternatif bagi setiap permasalahan. Solusi atas permasalahan yang ada diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. (ard)