chiang.jpg

Mahasiswa Taipei Mendalami Kasus Bunuh Diri di Indonesia

Chiang Asing yang kuliah di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) segaja mengambil konseling. “Saya dari prodi Tanatology dan Konseling. Di sini fokus mempelajari tentang bunuh diri, khususnya dari segi psikologi,” jelas Chiang (17/2017). Ia berada di UAD sejak 17 Juli 2017 di UAD selain belajar konseling dia juga akan belajar tentang kebudayaan agar lebih mendalam terjadinya bunuh diri.

Mahasiswa yang kuliah di UAD tidak hanya berasal dari Indonesia saja, melainkan dari luar negeri seperti China, Thailand, dan Brazil. Mereka di UAD ada yang terdaftar sebagai mahasiswa reguler maupun Student Exchange (SE). SE merupakan program pertukaran mahasiswa dengan universitas luar negeri.

Chiang adalah salah satu mahasiswa dari Taipei National University, “Saya merupakan salah satu mahasiswa di Southearn Intership Program,” jelas Chiang.

Laras pendamping mahasiswa (SE) mengatakan program tersebut merupakan upaya dari pemerintah setempat agar mahasiswanya memiliki jaringan yang lebih luas untuk belajar dan bekerja.

Pihak UAD memang sudah membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Taipei National University terkait program tersebut. “Kerja sama ini dengan Program Studi (Prodi) Psikologi, dan tahun depan giliran mahasiswa dari Psikologi yang berangkat ke sana,” jelas Laras,