You are here

Mahasiswa UAD Harus Paham Prinsip Demokrasi

Indonesian

Demokrasi merupakan suatu pandangan yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban, serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara. Terkait dengan hal itu, Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Pemilu 2019 dan Kualitas Demokrasi Indonesia”. Acara berlangsung di Masjid Islamic Center kampus 4 UAD, Jln. Ringroad Selatan, Bantul, Yogyakarta.

Pembicara pada kuliah umum ini adalah Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tantowi. Ia banyak menyampaikan perihal perkembangan pemilihan umum (pemilu) di Indonesia dan permasalahannya. Salah satu yang disoroti tentang teknologi informasi.

“Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang sangat cepat berdampak terhadap masyarakat. Untuk itu, saat ini KPU juga mengadopsi dan terus mengembangkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja dan kepercayaan masyarakat,” terangnya.

Di sisi lain, dalam sambutannya, Wakil Rektor 1 UAD Dr. Muchlas, M.T., menyampaikan bahwa kuliah umum tersebut menjadi forum untuk menambah pengetahuan mahasiswa. Terkait dengan tema, ia berharap mahasiswa mampu memahami dan menerapkan prinsip-prinsip demokrasi di lingkungan kampus maupun di tengah masyarakat. (ard)