You are here

Mahasiswa UAD Juara 1 Karya Cipta Mahasiswa PKM-PTKIS

Indonesian

Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil memperoleh juara pertama dalam perlombaan karya cipta mahasiswa. Perlombaan ini masuk dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang diselenggarakan di UMY, 21-23 November 2018.

UAD mengirim dua tim pada cabang lomba karya cipta mahasiswa, semuanya berasal dari FAI. Satu grup lainnya berhasil memperoleh juara harapan 2. “Pencapaian ini berkat rida Allah, sehingga kami bisa membanggakan UAD,” kata Irmawati Wardani, ketua tim.

Dari keterangannya, persiapan untuk mengikuti perlombaan PKM-PTKIS kurang matang karena sangat singkat. Tetapi, lanjut Irma, dekan dan dosen di FAI selalu mendukung dan memotivasi sehingga bisa memperoleh hasil yang terbaik.

Kami tidak dibebani dengan target juara. Hanya saja, kami melakukan semaksimal mungkin dengan dukungan dari dosen dan teman-teman mahasiswa lainnya. Kendala yang kami alami kesulitan dalam mencari personel untuk mengikuti lomba. Alasannya kesediaan, kemauan, dan kemampuan. Kemudian keterbatasan waktu dalam membuat karya,” terangnya.

Karya yang diciptakan Irma, Khoirul Adzim, Angga Putrawan, dan Hengki Kurniawan adalah lagu islami berjudul Kembali pada-Nya. Penciptaan lagu ini terinspirasi dari kejadian bencana alam, kecelakaan, dan sebagainya yang beberapa waktu lalu terjadi serta menimpa saudara-saudara di Indonesia. Semuanya akan kembali kepada Allah Swt.

Kami berlatih dan menciptakan karya didampingi serta ditemani Ibu Ferawati. Ia selalu mengingatkan kami untuk semangat dan konsentrasi pada karya. Pada latihan terakhir untuk pemantapan, kami dibimbing juga oleh Ibu Janah dari Bimawa UAD. Kami sangat berterima kasih atas bimbingannya,” jelas Irma. (ard)