You are here

Mahasiswa UAD Juara 2 Mawapres Kopertis V

Indonesian

Ika Suciwati, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menjadi juara 2 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ajang pemilihan Mawapres tersebut diselenggarakan di Kantor Kopertis V DIY, Jln. Tentara Pelajar No. 13, Yogyakarta, Kamis (5/4/2018). Pada seleksi ini, Ika mengungguli kandidat dari beberapa perguruan tinggi swasta lain seperti UTY, Atma Jaya, Alma Ata, dan UMY.

“Penilaian tertinggi terletak pada prestasi. Setidaknya ada sekitar 15 prestasi yang berhasil saya raih dalam kurun waktu satu tahun terakhir,” terang perempuan dari Kananga, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini.

Prestasi yang pernah diraih antara lain Best Paper Asean Youth Cultural Exposure 2017 (Bangkok-Thailand), Best Idea Asean International Summit 2017 (Malaysia), Juri Lomba Debat Ilmu Pemerintahan yang diselenggarakan UGM, Grand Finalist of the 2018 Asian English Olympics (Jakarta), TOP 3 Best Novice Speaker of the 2018 Asian English Olympics (Jakarta), Juri Kompetisi Antar Bangsa (SMAN 8 Yogyakarta), Juri International Competition (SMAN 7 Yogyakarta), Best Team of Asean International Summit 2017 (Malaysia), The Youngest Presenter of 9th International Conference on Language, Innovation, Culture and Education 2018 (Thailand).

Berbekal latar belakang seorang debater, mahasiswi semester 6 ini langsung tancap gas mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi National University Debating Championship (NUDC) dan Mawapres tingkat nasional.

“Alhamdulillah, kemenangan ini berkat dukungan dari berbagai pihak. Kuncinya sabar dan menjalani proses dengan maksimal. Saya bersyukur atas kemenangan ini. Tetapi, ke depan masih ada berbagai ajang yang harus saya ikuti, jadi tidak perlu lama-lama larut dalam euforia kemenangan,” tandasnya.

Prestasi Ika Suciwati menjadi sejarah bagi UAD, khususnya Program Studi PBI. Pasalnya, tiga tahun berturut-turut mahasiswa dari program studi ini mewakili UAD dalam ajang Mawapres di Kopertis V. Dua finalis yang berhasil menjuarai ajang ini adalah Lidya Tarmidzani Putri (juara II Mawapres Kopertis V DIY 2017) dan Iqwan Sanjani (juara III Mawapres Kopertis V DIY, finalis 15 besar Mawapres Nasional 2016). (ard)